get app
inews
Aa Read Next : Kronologi Satu Prajurit TNI Gugur usai Kontak Tembak dengan KKB di Yahukimo

Mayor Marinir Sugeng Gugur Diterjang Peluru Sniper Fretilin Demi Solidaritas dengan Kopassus

Jum'at, 05 November 2021 | 21:00 WIB
header img
Mayor KKO/Marinir (Anm) Sugeng Hardjotaruno. (Foto: Info Historia)

Saat bertugas di Timor Timur, Kapten Sugeng menggunakan helikopter jenis Hughes 500 milik maskapai Pelita Air Service yang diperbantukan di Angkatan Laut dan tugasnya adalah sebagai pengarah tembakan dari udara, pengiriman pasukan ke garis depan dan penjemputan pasukan serta evakuasi prajurit yang terluka. 

Pada bulan Agustus 1976, Kapten Sugeng yang saat itu tengah off karena baru saja kembali dari tugas penerbangan mendapat berita bahwa satu regu pasukan TNI Angkatan Darat dari RPKAD terkepung sekelompok besar pasukan pemberontak Fretilin di salah satu sudut kota Beaco. Gencarnya serangan dan ketatnya pengepungan Fretilin menyebabkan pasukan RPKAD saat itu hampir kehabisan amunisi. 

Mayor KKO (Anm) Sugeng Hardjotaruno Mendengar berita tersebut, spontan Kapten Sugeng mengajukan diri untuk mengirim amunisi ke pasukan RPKAD (Kopassus) yang tengah terjepit di Beaco.

Tidak mudah mendekati posisi pasukan RPKAD karena dari arah bawah pasukan Fretilin juga gencar melepaskan tembakan ke arah helikopter Hughes 500 Kapten Sugeng. Setelah berputar-putar mencari posisi dropping yang aman dijangkau pasukan RPKAD, Kapten Sugeng berhasil melaksanakan misinya. 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut