Logo Network
Network

Viral, Guguran Lava Gunung Merapi Terlihat Jelas, Warganet: Semoga Gunung Merapi Kembali Aman

Erfan Erlin, iNews
.
Jum'at, 05 Agustus 2022 | 19:42 WIB
Viral, Guguran Lava Gunung Merapi Terlihat Jelas, Warganet: Semoga Gunung Merapi Kembali Aman
Ilustrasi (Foto: BPPTKG)

Yogyakarta, iNews.id - Gunung Merapi kembali mengeluarkan lava. Guguran Lava tersebut amat sangat jelas terlihat jelas secara kasat mata. Kejadian ini sempat terekam kamera milik warga dan viral di media sosial.

Hal tersebut membuat warganet heboh dan kemudian berharap agar kondisi Gunung Merapi kembali aman terkendali.

Sejumlah warganet juga merespon bahwa mereka sempat mendengar beberapa kali dentuman.

Akun Instagram Magelang news mengabarkan terpantau guguran lava di lereng Gunung Merapi pagi tadi (5/8/2022) pukul 08.46 WIB.

Berbagai komentar mewarnai postingan tersebut seperti pemilik akun @rina.asri menulis "Owalah tadi yg mirip2 Guntur tu itu kali y smpet denger tk kira mau hujan ternyata terang2an aja"

@lieliekvie berkomentar "Td sempet denger dari makot...kirain suara dari Akmil ternyata suara dari Merapi...semoga tetap mandali Aamiin".

Kepada awak media, Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Agus Budi Santosa mengakui adanya guguran lava pijar tersebut.

Setelah diamati oleh BPPTKG, terdengar 8 kali guguran dengan jarak luncur maksimal 1.800 meter arah ke barat daya dan barat.

"Selain itu terjadi guguran sebanyak 28 kali dengan amplitudo 3-68 mm dan berdurasi 13.8-208.9 detik," ucap Agus, Jumat (5/8/2022).

"cuaca cukup cerah dan berawan. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah barat. Suhu udara 20-26 °C, kelembaban udara 48-63.7 %, dan tekanan udara 836.7-915.6 mmHg. Sehingga peristiwa guguran lava pijar terlihat jelas secara kasat mata," tutur Agus pada Jumat (5/8/2022) .

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini