get app
inews
Aa Read Next : Kisah Tatang Koswara Legenda Sniper TNI, Tembak Mati Musuh dari Jarak 900 Meter

Sniper Tatang Koswara Kelabuhi Musuh Pakai Sepatu dengan Alas Terbalik

Kamis, 11 November 2021 | 10:44 WIB
header img
Sniper Peltu (Purn) Tatang Koswara berseragam Kostrad. (Foto dok pribadi/ Buku Satu Peluru Satu Musuh Jatuh).

LEGENDA sniper Indonesia Peltu (Purn) Tatang Koswara punya kehebatan yang sudah diakui. Bahkan Jenderal TNI Edi Sudrajat pun mengakui kehebatannya dalam Operasi Militer Seroja di Timor Timur, kini Timor Leste setelah lepas dari NKRI.

Dalam buku "Satu Peluru Satu Musuh Jatuh" karya A Winardi yang dikutip, Kamis (11/11/2021) dikisahkan  prajurit Kopassus Letnan Ginting yang pernah mengawal Tatang dalam pertempuran mengakui kehebatan pria asal Cibaduyut Bandung ini. 

Ginting menyaksikan Tatang menembak kepala musuh dari jarak 300 hingga 600 meter.  

Kekaguman Ginting kemampuan menembak Tatang dilaporkan kepada Kolonel Edi Sudrajat yang saat itu menjabat Dansatgassus. "Kamu benar-benar gila," kata Edi kepada Tatang. 

Namun ada hal yang unik dan menarik dari Tatang Koswara. Tatang sengaja menciptakan sepatu dengan alas terbalik. Tujuannya untuk mengelabui pasukan musuh yang berpatroli.  

Kebetulan keluarga besar Tatang perajin sepatu di Cibaduyut. Berkat pemahaman pembuatan sepatu, alas terbalik buatan Tatang bisa digunakan dengan nyaman.  

"Alas terbalik terbukti efektif. Pernah saya dikejar-kejar lima personel pasukan musuh tapi mereka berhasil saya kecoh. Saya cukup melompat dan bersembunyi di semak, sementara para pengejara saya berlari-lari menuju arah yang berlawanan," kata Tatang.  

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut