get app
inews
Aa Read Next : Kurang Dukungan, Calon Bupati Bekasi Independen Ini Dinyatakan Gagal oleh KPU

CT Scan Lebih Detail Gambarkan Jaringan Lunak, Tulang, dan Pembuluh Darah 

Sabtu, 13 November 2021 | 09:32 WIB
header img
Pemeriksaan CT scan atau computerized tomography scan merupakan instrumen penting dalam pencitraan medis guna melengkapi fungsi sinar-X dan ultrasonografi medis. (Foto: Roswellpark)

BEKASI, iNews.id - Pemeriksaan CT scan atau computerized tomography scan merupakan instrumen penting dalam pencitraan medis guna melengkapi fungsi sinar-X dan ultrasonografi medis.

CT scan menghasilkan gambar jaringan lunak, tulang, dan pembuluh darah di tubuh manusia. Gambar yang dihasilkan jauh lebih optimal dan lebih jelas ketimbang pemindaian dengan sinar-X biasa. CT scan kini banyak digunakan untuk membantu pencegahan atau deteksi penyakit.

Menurut dr. Michael A. Sundakh, SpRad, dokter spesialis radiologi di RS Siloam Sentosa, CT scan dapat digunakan untuk menghasilkan gambar organ di kepala, dada, perut, lutut, hingga tulang belakang.

Hasil pemeriksaan CT scan membantu dokter mendiagnosis dan menentukan beragam kondisi pasien, dari gangguan otot, patah tulang, hingga kanker.

Selain CT sacn ada juga RIS-PACS (Radiology Information System-Picture Archiving and Communication System) yang memungkinkan interpretasi secara lebih cepat karena hasil pemeriksaan terhubung ke sistem aplikasi khusus yang memungkinkan dokter spesialis radiologi untuk langsung melakukan interpretasi hasil meskipun sedang tidak berada di rumah sakit.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut