get app
inews
Aa Read Next : Kostrad Bangun Markas Batalyon Tempur di Cikarang Bekasi

2 Andalan TNI AD Kostrad dan Kopassus Gahar di Medan Tempur

Senin, 15 November 2021 | 13:26 WIB
header img
TNI AD mempunyai 2 satuan elite yang sudah teruji di medan tempur yakni Kostrad dan Kopassus. Torehan prestasinya jangan diragukan lagi. (Foto: MPI)

JAKARTA,iNews.id - TNI AD mempunyai 2 satuan elite yang sudah teruji di medan tempur yakni Kostrad dan Kopassus. Torehan prestasinya jangan diragukan lagi.

Setiap palagan pertempuran 2 satuan ini selalu terlibat menghabisi musuh negara.

Kostrad dan Kopassus adalah dua satuan elite yang dimiliki TNI Angkatan Darat. Sejak kelahirannya, baik Kopassus maupun Kostrad telah banyak menorehkan prestasi.

Sejarah mencatat Kopassus dan Kostrad mengukuhkan eksistensinya sebagai pasukan elite dengan sukses menuntaskan tugas-tugas berat di antaranya operasi penumpasan DI/TII, operasi militer PRRI/Permesta, Operasi Trikora, Operasi Dwikora, penumpasan G30S/PKI, Pepera di Irian Barat, Operasi Seroja di Timor Timur, serta berbagai operasi militer lainnya.

Kendati sama-sama bagian dari komando tempur utama, tetapi Kopassus dan Kostrad memiliki perbedaan tugas dan fungsi, serta ciri khas tersendiri. Kostrad merupakan satuan tempur dasar, sedangkan Kopassus adalah pasukan yang dipersiapkan atau dilatih khusus untuk tugas-tugas spesifik.

Berikut 6 perbedaan Kostrad dan Kopassus yang diolah dari berbagai sumber.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut