get app
inews
Aa Read Next : Bacaan Doa agar Selalu Dilindungi dari Kesyirikan, Lengkap dengan Teks Arab dan Artinya

Doa kepada Allah dari Beratnya Musibah, Kebinasaan, Ketetapan yang Buruk dan Bahagianya Musuh

Senin, 15 November 2021 | 14:50 WIB
header img
DOA  kepada Allah Ta'ala memohon terhindar dari segala keburukan termasuk tertawanya musuh patutlah dilakukan seorang Muslim. (Foto: Freepik)

Caranya bisa dengan mengucapkan doa ini 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ الْبَلاءِ، وَدَرَكِ الشَّقَاءِ، وَسُوءِ الْقَضَاءِ، وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاءِ

Allaahumma inniy a'udzu bika min jahdil-balaa', wa darokisy-syaqoo', wa suu-ilqodhoo', wa syamaatatil-a'daa'.

“Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari beratnya musibah, tertimpa kebinasaan, ketetapan yang buruk dan bahagianya musuh.”

Makna doa ini adalah Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam memerintahkan umatnya untuk meminta perlindungan dari empat keburukan ini:

1. Beratnya musibah, dan musibah itu bisa jadi secara fisik, seperti penyakit yang menimpa badan, dan bisa jadi pula secara psikis, seperti dihina dan dicemarkan nama baik. Musibah itu juga bisa jadi sebagai hukuman atas dosa kita, dan bisa jadi pula sebagai ujian keimanan.

2. Tertimpa kebinasaan, yaitu lawan dari kebahagiaan, dan kebinasaan itu sebabnya adalah amal yang buruk, adapun kebahagiaan sebabnya adalah amal yang baik, maka makna doa ini mencakup permohonan agar dilindungi Allah dari amalan yang buruk.

3. Ketetapan yang buruk, mengandung dua makna: Pertama: Minta perlindungan kepada Allah dari takdir yang berakibat buruk. Kedua: Minta perlindungan kepada Allah dari berhukum dengan keburukan, seperti seseorang menetapkan sesuatu dengan hawa nafsunya, sehingga urusan hidupnya menjadi berantakan.

4. Bahagianya musuh, yaitu karena kita ditimpa keburukan, maka kita memohon perlindungan kepada Allah darinya.[Diringkas dari Syarhu Riyadhis Shaalihin, 6/23-25]

 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut