get app
inews
Aa Read Next : FBI Imbau Masyarakat agar Tidak Sembarangan Mengisi Daya Ponsel di Tempat Umum, Ini Alasannya

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris, Jangan Bawa ke Tukang Service Dulu!

Kamis, 25 November 2021 | 05:01 WIB
header img
Cara mengatasi layar HP bergaris memang cukup menantang dan rumit. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Cara mengatasi layar HP bergaris bisa dibilang cukup menantang, tapi bukan berarti hal tersebut tidak bisa.

Lalu, apa sebenarnya penyebab layar ponsel bergaris? Layar bergaris bisa dalam bentuk vertikal maupun horizontal. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam. Contohnya seperti ponsel terjatuh yang berakibat pada layar sentuhnya. 

Selain itu, bisa juga tertekan benda keras. Di mana hal itu akan membuat garis di LCD muncul. Bahkan, bisa juga karena sistem yang error. Nah, Anda tidak perlu khawatir dan jangan bawa ke tukang service dahulu.

Berikut beberapa cara untuk mengatasinya:

1. Unduh aplikasi LCD Fixer
LCD Fixer Phone bisa di unduh di Android lewat Google Play Store. Aplikasi ini dapat mengatasi masalah kecil di LCD. Cara kerjanya dengan mendeteksi piksel yang rusak, lalu menghilangkannya.

2. Reset Ponsel
Cara ini bisa dipakai, sebab mungkin saja garis di HP muncul karena kesalahan sistem. Jika iya, maka langkahnya adalah masuk ke menu Setting dan pilih Factory Reset.

3. Tekan-tekan Permukaan Layar
LCD bergaris bisa terjadi karena layar tertekan di suatu titik. Coba untuk tekan-tekan berulang kali permukaan layar perlahan dengan jari. Ulangi sampai garis menghilang sedikit demi sedikit.

4. Ganti LCD
Jika ketika cara di atas belum berhasil, maka mau tidak mau Anda harus membawa ponsel ke tempat servis untuk mengganti LCD. Tentu, harganya jadi lebih mahal.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut