get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Mandau Terbang, Ilmu dan Tradisi Suku Dayak yang Tak Perlu Diragukan Keampuhannya

Ribuan Orang Dayak Bawa Senjata Tajam Tolak Kehadiran Ormas TBBR 

Jum'at, 26 November 2021 | 15:48 WIB
header img
- Ribuan orang Dayak tergabung dalam dalam Koalisi Ormas Dayak Kalimantan Tengah, turun ke jalan untuk menggelar aksi damai di Bundaran Besar Kota Palangkaraya, Jumat (26/11/2021). (Foto: Ade Sata)

PALANGKARAYA,iNews.id - Ribuan orang Dayak tergabung dalam dalam Koalisi Ormas Dayak Kalimantan Tengah, turun ke jalan untuk menggelar aksi damai di Bundaran Besar Kota Palangkaraya, Jumat (26/11/2021).

Mereka menolak hadirnya Ormas Tariu Borneo Bangkule Rajaknk (TBBR) asal Kalimantan Barat, di wilayah Kalimantan Tengah karena dinilai bertentangan dengan adat istiadat budaya lokal, serta falsafah huma betang.

Koordinator aksi damai, Bambang Irawan mengatakan, aksi ini digelar sebagai bentuk keprihatinan bersama, karena selama adanya ormas TBBR di Kalimantan Tengah, banyak hal yang bertentangan budaya lokal.

"Bahkan, selama berada di Kalimantan Tengah, Ormas TBBR tidak pernah melakukan koordinasi baik dengan tokoh adat setempat maupun pemerintah daerah. Ini sangat bertentangan dengan budaya ketimuran yang kita junjung tinggi," tegasnya.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut