get app
inews
Aa Read Next : Mau Rezeki Lancar? Yuk, Rutinkan 4 Amalan Ini

Yuk Amalkan, Ini Lima Doa Mendatangkan Rezeki yang Tak Terduga

Rabu, 28 September 2022 | 07:00 WIB
header img
Doa Mendatangkan rezeki yang tak terduga. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Berikut doa mendatangkan rezeki yang tak terduga yang penting diketahui umat Muslim. Seperti diketahui, setiap umat manusia telah ditetapkan rezeki yang didapat di dunia. Nah, ada doa-doa supaya rezeki dilancarkan Allah Subhanahu wa'ta'ala.

Dalam ajaran agama Islam diajarkan bahwa untuk meraih rezeki, tidak cukup hanya bekerja keras. Setiap Muslim harus melengkapi ikhtiar tersebut dengan doa.

Ada doa-doa mendatangkan rezeki yang tidak terduga, berikut ini beberapa di antaranya, sebagaimana dihimpun dari aplikasi Apa Doanya.

Doa 1

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَرَحْمَتِكَ، فَإِنَّهُ لاَ يَمْلِكُهَا إِلاَّ أَنْتَ

Allaahumma innii as-aluka min fadhlika wa rohmatik, fa-innahu laa yamlikuhaa illaa anta.

"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu akan sebagian karunia-Mu dan rahmat-Mu, karena sesungguhnya tidak ada yang memilikinya kecuali Engkau."

(HR Abu Nu'aim dalam Al Hilyah dan Thabrani dalam al Mu'jam al Kabir. Al Haitsami mengatakan, "Diriwayatkan oleh Thabrani dan para perawinya adalah perawi kitab shahih selain Muhammad bin Ziyad al Burjumi dan dia adalah perawi yang tsiqoh." Al Albani dalam Silsilah Shahihah nomor 1543 mengatakan, "Sanadnya menurutku shahih." Dalam Shahih al Jami' nomor 1278, Syekh Al Albani juga mengatakan "Shahih.")

Dari Murrah dari Abdullah bin Mas'ud, "Nabi mendapatkan tamu. Beliau lantas mengutus seseorang untuk menemui para istri beliau, barang kali ada yang punya makanan, namun ternyata tidak ada satu pun istri beliau yang punya makanan yang bisa disuguhkan kepada tamu Nabi. Nabi lantas berdoa (doa di atas). Tak lama setelah itu beliau mendapatkan daging kambing panggang. Nabi lantas berkomentar, 'Ini adalah sebagian dari karunia-Nya. Kami sedang menunggu rahmat-Nya'.")

Hadis di atas diberi judul bab oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Al Mushannaf sebagai berikut: "Manakala seorang itu kelaparan atau mengalami kesempitan rizki bacaan doa seperti apa yang mesti dia ucapkan."

Doa 2

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ، وَارْحَمْنِيْ، وَاهْدِنِيْ، وَعَافِنِيْ، وَارْزُقْنِيْ

Allaahummagh-fir lii, warhamnii, wahdinii, wa 'aafinii, warzuqnii.

"Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk kepadaku, selamatkanlah aku (dari penyakit dan dari apa yang tidak kuinginkan) dan berilah rezeki kepadaku."

(HR Muslim nomor 35 dan 2697. Dari Thoriq bin Asy-Syam radhiyallahu 'anhu, ia berkata, "Jika seseorang baru masuk Islam, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam mengajarkan pada beliau sholat, lalu beliau memerintahkannya untuk membaca (doa di atas).") 

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut