get app
inews
Aa Read Next : Lebaran Aman, Pemerintah Minimalisir Potensi Cuaca Ekstrem

Cuaca Ekstrem Berstatus Siaga untuk Tiga Hari ke Depan, Ini Penjelasan BMKG

Minggu, 09 Oktober 2022 | 03:20 WIB
header img
Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati. (Foto: MPI)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksikan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada periode 9-15 Oktober di 32 Provinsi di Indonesia.

Menurut hasil analisis dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya sirkulasi siklonik yang membentuk pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan atau awan cumulus congetus.

"Kemudian aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti MJO (Madden Jullian Oscillation) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin juga secara tidak langsung dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnavati dalam keterangannya, pada Sabtu (8/10/2022).

Sementara itu, untuk periode tiga hari ke depan hingga 10 Oktober 2022, berdasarkan prakiraan berbasis Dampak, sebagian wilayah Indonesia seperti di Aceh, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan dan Sulawesi Tengah berpotensi terdampak hujan lebat dengan kategori siaga.

Terkait hal ini, BMKG menyampaikan sejumlah rekomendasi kepada pihak-pihak yang berkaitan langsung dengan penanganan dampak hujan dan mengingatkan kepadaa masyarakat.

Pertama, memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan.

Kedua, melakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan pemotongan lereng atau penebangan pohon yang tidak terkontrol serta melakukan program penghijauan secara lebih masif.

Ketiga, melakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon yang rapuh serta menguatkan tegakan/tiang agar tidak roboh tertiup angin kencang.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut