Logo Network
Network

Kabar Gembira! Wirausaha Muda Mandiri 2022 Telah Dibuka, Buruan Cek Kategori dan Mekanismenya

Iman Ridhwan Syah
.
Senin, 17 Oktober 2022 | 15:32 WIB
Kabar Gembira! Wirausaha Muda Mandiri 2022 Telah Dibuka, Buruan Cek Kategori dan Mekanismenya
Wirausaha Muda Mandiri untuk mendorong lahirnya bibit-bibit unggul wirausaha muda kreatif, inovatif, dan berkontribusi bagi kemajuan perekonomian Indonesia. (Foto. Okezone)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Siap kembangkan usaha dan wujudkan mimpi kamu sebagai pengusaha muda sukses? Inilah waktunya Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2022 hadir buat mewadahi usahamu biar makin berkembang. Dengan mengikuti WMM 2022 kamu juga berkesempatan meraih hadiah modal usaha senilai total miliaran rupiah, lho.

Lebih dari 50 ribu wirausahan muda merasakan manfaat dari ajang tahunan WMM. Malinda Amalia, Alumni WMM 2018 yang juga merupakan pendiri brand fashion Linean  adalah salah saatu yang merasakan manfaat positif mengikuti WMM. "Setelah mengikuti program WMM, banyak perkembangan di usaha yang saya jalankan, karena banyak sekali program pengembangan usaha yang diberikan Bank Mandiri, seperti pelatihan, pendampingan,  bahkan diikutsertakan pameran produk dalam dan luar negeri," tuturnya dalam sesi press conference Kick Off WMM 2022, di Jakarta beberapa waktu lalu. 

Wirausaha Muda Mandiri  terbukti telah ikut mendorong lahirnya bibit-bibit unggul wirausaha muda kreatif, inovatif, dan  berkontribusi bagi kemajuan perekonomian Indonesia, tahun ini akan tampil berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

WMM 2022 yang mengusung tema Bring Back Euphoria! Proud to be Entrepreneur!,  hadir dengan kemasan yang lebih light, dan terbagi dalam 2 kategori utama main category yaitu Business Existing, yakni Boga, Kreatif, Teknologi, dan Sosial dan Side competition yang terdiri dari Santripreneur dan Business Plan. Adapun subkategori Business Plan terbuka bagi kamu yang sudah punya usaha di bidang berikut, ya! 

1. Kategori Boga 

  • Makanan dan Camilan Kemasan

Pengusaha dengan produk bisnis  kuliner yang diciptakan secara original dan bukan merupakan reseller, segala jenis merek makanan siap saji, camilan maupun produk makanan lainnya yang diciptakan dalam kemasan, pencipta dan pemilik brand makanan dalam bentuk kemasan yang dijual melalui pihak ketiga maupun dikelola secara mandiri. 

Sedangkan persyaratan yang tidak termasuk dalam  jenis usaha Makanan dan Camilan Kemasan adalah pemilik usaha kuliner yang menjual minuman sebagai brand utama, dan  pemilik usaha kuliner yang menjual brand resto/kafe/rumah makan, dan tempat santap makan minum lainnya.

  • Makanan dan Minuman Dine in

Pemilik warung, resto, rumah makan, kafe, bar dan segala macam bentuk dan konsep makanan dan minuman yang dapat dinikmati langsung di tempat (Dine-In).

Sedangkan persyaratan yang tidak termasuk dalam  jenis usaha Makanan dan Minuman Dine in adalah pemilik usaha kuliner yang menjual dalam konsep kemasan dan dijual online.

  • Minuman Kemasan

Pencipta dan pemilik brand minuman olahan dalam bentuk kemasan yang dijual melalui pihak ketiga ataupun dijual secara mandiri.

Sedangkan persyaratan yang tidak termasuk dalam  jenis usaha minuman kemasan adalah pemilik usaha kuliner yang menjual makanan sebagai brand utama, dan pemilik usaha kuliner yang menjual dessert sebagai brand utama.

2. Kreatif

  • Kesenian dan Budaya

Pengusaha dengan produk bisnis yang mengangkat unsur seni dan budaya, serta diciptakan secara original dan bukan merupakan reseller. Adapun jenis usaha dan persyaratan khusus dalam kategori ini adalah perajin barang kebutuhan rumah tangga, jasa interior design, pelaku seni, sanggar tari/budaya/musik/seni rupa teater, penggerak kesenian lokal, bidang usaha lainnya yang bisa memenuhi kriteria.

Sedangkan persyaratan yang tidak termasuk dalam  jenis usaha Kesenian dan Budaya adalah event organizer, penyedia jasa alat kesenian, reseller produk kesenian.

  • Fashion Label

Pengusaha dengan produk bisnis fesyen yang diciptakan secara original dan bukan merupakan reseller. Adapun jenis usaha dan persyaratan khusus dalam kategori ini di antaranya segala jenis butik, galeri, department store, pencipta dan pemilik brand fesyen dengan skala industri dan lebih bersifat multi produk, pengusaha fesyen yang menjual pakaian sebagai brand utama, pengusaha turunan fesyen.

Sedangkan persyaratan yang tidak termasuk dalam  jenis usaha Fashion Label adalah Penjual produk fashion bekas (thrift).

  • Entertainment

Pengusaha yang bergerak di bidang entertainment, baik secara digital maupun konvensional. Adapun jenis usaha dan persyaratan khusus dalam kategori ini di antaranya youtuber, podcaster, production house, band music teater, penggerak kesenian daerah, sanggar tari dan budaya, promotor, Bidang usaha lainnya yang memiliki unsur hiburan sebagai produk,

3. Teknologi

  • Digital Apps

Pengusaha dengan produk bisnis jasa layanan berbasis aplikasi digital diciptakan secara original dan  memberikan solusi terhadap kebutuhan masyarakat. Adapun jenis usaha dan persyaratan khusus dalam kategori ini di antaranya web designer, brokerage/marketplace, gaming application, business application, lifestyle application, usaha lainnya yang memenuhi salah satu aspek Digital Apps, produk sudah go live di publik selama minimal 1 tahun, sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
Sedangkan persyaratan yang tidak termasuk dalam  jenis usaha Digital Apps  adalah aplikasi yang diperuntukan untuk internal, bukan untuk masyarakat.

  • Inovasi Teknologi

Pengusaha dengan inovasi dari produk atau proses baru atau yang ditingkatkan dengan karakteristik teknologinya sangat berbeda dari sebelumnya. Adapun jenis usaha dan persyaratan khusus dalam kategori ini di antaranya web designer, robotic innovation, digital assistance, wearable technology, virtual reality (VI) experience, usaha lainnya yang memenuhi salah satu aspek Inovasi Teknologi, produk sudah go live di publik selama minimal 1 tahun, dan Sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

 4. Sosial

  • Sosial Lingkungan

Pengusaha dengan produk bisnis yang memiliki aspek pemberdayaan lingkungan, ekonomi sirkular, pemberdayaan masyarakat dan membangun afiliasi dengan pemerintah. Adapun jenis usaha dan persyaratan khusus dalam kategori ini di antaranya pemanfaatan energi alternatif/terbarukan usaha, padat karya, pemberdayaan kaum marginal, mitra penyuluhan program pemerintah, pembibitan pelestarian alam teknologi, pangan, teknologi peternakan dan pertanian teknologi, pemanfaatan hasil bumi, usaha lainnya yang masuk dalam satu syarat aspek Sosial Lingkungan, memiliki dampak positif secara sosial/ lingkungan.

  • Jasa Sosial

Pengusaha dengan produk bisnis yang memiliki aspek yakni jasa yang meliputi pemberdayaan sosial dan pemenuhan kebutuhan masyarakat,  dan pelayanan yang diberikan secara cuma-cuma pada masyarakat. Adapun jenis jenis usaha yang termasuk dalam kategori ini di antaranya  usaha padat karya, lembaga pemberdayaan kompetensi masyarakat pusat, pelatihan keterampilan (formal/non formal), usaha lainnya yang masuk dalam satu syarat aspek jasa usaha sosial, memiliki dampak positif secara sosial/lingkungan.

  • Persyaratan Umum Business Existing 

Seleksi kompetisi WMM 2022 bagi pengusaha muda akan dilakukan di masing-masing wilayah dengan tahapan awal registrasi mulai 27 September - 27 Oktober 2022. Untuk  melakukan registrasi, kamu bisa mengakses langsung melalui  website www.wmm.id.

Bagi kamu yang sudah melakukan registrasi,  selanjutnya akan dilakukan seleksi administrasi, asesmen, validasi dan penjurian di masing-masing wilayah. Tahapan ini akan dimulai  2 minggu setelah  pendaftaran ditutup.
Biar gak ketinggalan perhelatan WMM 2022, kamu bisa melengkapi persyaratan umum Business Existing, di antaranya:

  1. Warga Negara Indonesia Berusia 18 - 35 tahun (per-27 September 2022)
  2. Pemilik usaha bukan merupakan reseller.
  3. Usaha yang didaftarkan bukan merupakan anggota produk franchise.
  4. Usaha yang didaftarkan minimal telah berjalan selama 4 tahun.
  5. Kantor pusat usaha berada wilayah Republik Indonesia.
  6. Usaha yang didaftarkan sedang tidak mengikuti kompetisi serupa dengan WMM.
  7. Bersedia mengikuti rangkaian kegiatan penjurian.
  8. Memiliki rekening Bank Mandiri dan  pengguna Livin' by Mandiri.
  9. Pemilik usaha tidak pernah terjerat kasus hukum.
  10. Alumni program Wirausaha Muda Mandiri di tahun-tahun sebelumnya juga dapat mendaftar kembali.

Sedangkan untuk persyaratan umum Side Competition, yakni Santripreneur yang merupakan santri Indonesia baik individu maupun kelompok,  yang memiliki ide bisnis Kemudian Business Plan, yakni WNI pemilik usaha berusia 18 - 35 tahun, pemilik usaha dan bukan reseller dan anggota produk franchise

Kemudian usaha maksimal baru berjalan selama 2 tahun, sedang tidak mengikuti kompetisi serupa, bersedia  mengikuti seluruh rangkaian kegiatan penjurian, memiliki rekening Bank Mandiri dan menggunakan Livin' by Mandiri, hingga tidak pernah terjerat kasus hukum.

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini