get app
inews
Aa Read Next : Rupiah Menguat Tajam di Rp15.338/USD pada Perdagangan Sore Hari Ini

Daftar Uang Kuno Indonesia dan Dunia yang Punya Harga Fantastis, Ada yang Capai Rp100 Juta!

Rabu, 19 Oktober 2022 | 06:00 WIB
header img
Ilutrasi Uang Kuno. (Foto: BI)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Daftar uang kuno Indonesia dan dunia yang punya harga fantastis menarik untuk dibahas. 

Seperti diketahui, uang kuno menjadi incaran para kolektor untuk dikoleksi karena miliki harga lebih tinggi dibanding nilai aslinya.

Lantas, apa saja daftar uang kuno Indonesia dan dunia yang punya harga fantastis serta menjadi buruan para kolektor? Berikut informasinya.

Daftar Uang Kertas Indonesia dan Dunia yang Punya Harga Fantastis

1. Uang Koin Rp500

Salah satu uang kuno yang miliki harga fantastis yaitu, uang kertas Rp500 yang diterbitkan pada 1992 silam. Uang kertas bergambar orangutan berwarna kehijauan yang kini sudah tidak diproduksi tersebut dijual seharga Rp1,5 juta sampai Rp8 juta.

2. Uang Koin Ro250

Uang koin berdesain burung Garuda dan patung Manjusri dari Candi Tumpang Malang ini membuat para kolektor berani merogoh kocek hingga Rp500.000 per koin. Pasalnya, uang kuno ini termasuk langka karena hanya beredar sebanyak 5.000 keping.

3. Uang Koin Rp1.000 

Uang koin yang cukup tebal dengan gambar kelapa sawit ini menjadi uang koin termahal selanjutnya. Uang yang dikeluarkan pada 8 Maret 1993 tersebut mempunyai berat sekitar 8,60 gram, dengan tebal 2,40 mm. Dengan desain dua warna yakni putih di bagian luar dan kuning di bagian dalam, uang kuno ini memiliki harga fantastis hingga Rp100 juta per keping.

Dengan desain dua warna yakni putih di bagian luar dan kuning di bagian dalam, uang kuno ini memiliki harga fantastis hingga Rp100 juta per keping.

4. Uang Koin Rp5.000

Uang kuno lainnya yang juga memiliki harga tinggi yakni, uang kertas Rp5.000. Uang dengan desain perempuan mengenakan kebaya dan memegang padi ini memiliki harga jual mencapai Rp10 juta per lembar.

Adapun, yang menjadi keunikan uang kuno yang satu ini yakni ukurannya yang lebih besar dibanding uang kertas lain pada saat itu. Uang yang diterbitkan pada 1958 tersebut memiliki nilai cukup tinggi pada saat itu, bahkan dapat digunakan untuk membeli kendaraan.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut