get app
inews
Aa Read Next : Pelaku Jambret Pesepeda yang Viral di Palembang Ditangkap Polisi

Simak Daftar Kota Paling Aman di Indonesia, Ada Balikpapan hingga Denpasar

Senin, 24 Oktober 2022 | 10:01 WIB
header img
Taman Tugu Adipura di Balikpapan. (Foto: Lulu Yahdini)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Daftar kota paling aman di Indonesia bakal dibahas dalam artikel ini. Diketahui, Indonesia sering disebut menjadi wilayah degnan keamanan yang kian mengkhawatirkan. Terlebih tindak kejahatan khususnya di kota besar, seperti Jabodetabek menjadi hal yang harus diwaspadai.

Sehingga menentukan tempat tinggal yang aman harus dipertimbangkan dengan baik. Terlebih, saat mengingat kota yang rawan penjahat tentu hanya akan mengancam keselamatan.

Kendati demikian, berdasarkan survei Ikatan Ahli Perencanaan (IAP), ternyata Indonesia masih punya beberapa kota yang dirasa aman serta nyaman untuk menjadi tempat tinggal.

Lantas, apa saja kota paling aman di Indonesia? Berikut daftarnya.

Kota Paling Aman di Indonesia

1. Banjarmasin

Banjarmasin mendapat gelar salah satu kota yang paling aman di Indonesia berikutnya. Kota Seribu Sungai ini juga memiliki fasilitas publik yang memadai, sehingga cocok dijadikan sebagai tempat tinggal.

2. Palembang

Kota aman berikutnya adalah Palembang, Sumatera Selatan. Selain aspek keamanan, kota yang kerap disebut sebagai "Bumi Sriwijaya" ini juga mendapat gelar sebagai Penataan Kota dan Fasilitas Jalan Kaki terbaik kedua di Indonesia.

Tingginya tingkat kepedulian terhadap masyarakat, maka membuat bepergian tetap aman meski harus berjalan kaki.

3. Denpasar

Menurut hasil survei IAP, Denpasar berhasil menyabet julukan sebagai salah satu kota dengan aspek keamanan yang cukup tinggi di Indonesia, khususnya wilayah Bali.

Lantaran tingkat keamanan yang sangat baik khususnya bagi keluarga, maka tak heran jika Denpasar banyak dilirik sebagai tempat tinggal yang dirasa aman dan nyaman.

4. Balikpapan

Balikpapan juga termasuk dalam daftar kota aman dan cocok menjadi pilihan tempat tinggal. Tak hanya itu, Balikpapan juga berhasil meraih penghargaan sebagai kota terbersih di Indonesia.

Pertimbangan baik memilih kota Balikpapan sebagai tempat tinggal, salah satunya juga karena kota ini sebagai salah satu kota metropolitan dengan perkembangan ekonomi yang tinggi di Kalimantan.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut