get app
inews
Aa
Read Next : Dampak gempa, Arus Lalu Lintas Menuju Cianjur-Cipanas Dialihkan

Ratusan bangunan Rusak Parah dan Warga Terluka Imbas Gempa M 5,6 Guncang Cianjur

Senin, 21 November 2022 | 14:43 WIB
header img
Ratusan bangunan Rusak Parah dan Warga Terluka Imbas Gempa M 5,6 Guncang Cianjur. Foto: Ilustrasi/Dok. iNews

CIANJUR, iNewsBekasi.id - Gempa bermagnitudo 5,6 yang mengguncang barat daya Kabupaten Cianjur membuat ratusan bangunan rusak parah. Pantauan MPI, di wilayah Cianjur Kota (Kecamatan Cianjur), terlihat gedung Markas Kodim 0608 di Jalan Siliwangi sebagian dindingnya roboh.

Bahkan, bagian atap beberapa bangunannya juga ambruk. Hampir setiap ruangan mengalami retak-retak dan kaca pecah. 

Sementara itu, bangunan lain di sekitar Makodim, sebagian atap dan tembok bangunan toko grosir juga rusak. Warga sempat keluar ke arah jalan. Di sebelah toko tersebut, ada SD, SMP, SMA Mardiyuana. Hal yang sama juga terjadi pada bangunan sekolah dua lantai tersebut. Banyak bagian atap dan dindingnya yang rubuh. Pecahan genting dan kaca berserakan. 

Saat gempa terjadi, sedang jam bubar sekolah. Puluhhan siswa terluka terkena pecahan material dan segera dilarikan ke rumah sakit. Sebagian lagi tampak menangis dan ditenangkan oleh orang yang lebih dewasa. Diduga banyak korban yang masih terjebak di dalam bangunan toko grosir. Saat ini banyak pula korban luka yang dibaringkan di sisi jalan. Mereka terluka di bagian kepala maupun bagian tubuh lainnya. 

Banyak pula pengendara yang tampak membawa korban gempa ke arah RSUD Sayang Cianjur baik menggunakan mobil maupun sepeda motor. Jalanan riuh dengan suara klakson dan sirine dari berbagai kendaraan yang melintas. Jalan yang sebelumnya relatif lengang kini padat karena banyak orang ingin pulang menengok kondisi rumah masing-masing. 

"Banyak anak-anak yang luka. Saya belum hitung. Karena pas bubaran, ada genting-genting berjatuhan langsung menimpa siswa-siswa," kata Herman Ginting, salah satu orang tua siswa.

Artikel ini telah terbit di jabar.inews.id dengan judul " Gempa M5,6 Guncang Cianjur, Banyak Bangunan Roboh dan Warga Terluka ".

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut