get app
inews
Aa Read Next : Apresiasi Rekrutmen Ribuan Warga Papua, Sahroni: Polri Semakin Dekat dengan Masyarakat

Bantu Korban Gempa Cianjur, Kapolri Terjunkan Personel dan Beri Ribuan Paket Sembako

Selasa, 22 November 2022 | 08:42 WIB
header img
Bantu Korban Gempa Cianjur, Kapolri Terjunkan Personel dan Beri Ribuan Paket Sembako. Foto: ANTARA/HO-Divisi Humas Polri

 

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerjunkan personelnya guna bantu proses evakusi korban gempa Cianjur, Jawa Barat. Polri juga serahkan bantuan berupa paket sembako yang disalurkan ke tempat pengungsian.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, pihaknya telah memberikan bantuan 3 ribu paket sembako pada Senin (21/11/2022) kemarin.

Masing-masing paket sembako terdiri dari 5 kilogram beras, 1 liter minyak goreng, 1 kg gula pasir, kecap manis kemasan 250 ml, satu pak teh celup, 1 kaleng susu kental manis, 1 pak biskuit serta satu pak mie telur.

Sementara bantuan non-sembako terdiri dari seribu helai selimut, 300 buah kasur lipat dan 4 tenda pleton.

Sesuai arahan Kapolri, Asisten Operasi (Asops) Irjen Agung Setya Imam Effendi disebut Kadiv Humas Polri telah mengeluarkan untuk pengerahan helikopter serta awaknya dari Direktorat Polisi Air dan Udara untuk melakukan rescue dan pencarian korban gempa bumi Cianjur melalui udara secara lebih cepat.

Mabes Polri disebutkan Dedi juga mengerahkan personel Samapta, personel Biro Psikologi SSDM untuk trauma healing korban, tim medis dari Pusdokkes Polri.

Sejumlah pasukan dari berbagai instansi di bawah Polri juga disebutkan telah mendirikan berbagai bantuan di daerah bencana dan pengungsian.

Sejumlah peralatan tersebut disebutkan Dedi Prasetyo untuk mendirikan dapur umum, tangki air bersih, toilet portable, truk, mobil double cabin, mobil ambulans, tenda pleton, dan ratusan velbed.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan ada sebanyak 162 korban yang meninggal dunia akibat gempa merusak yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

Menurutnya data tersebut diterima berdasarkan call center Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Adapun para korban kini sudah dalam penanganan sejumlah rumah sakit yang ada di Cianjur.

"Mohon izin menyampaikan berita buruk, 162 yang meninggal dunia, 326 luka-luka, mayoritas patah tulang dan berhubungan luka karena tertimpa atau kena benda tajam," kata Ridwan Kamil di Pendopo Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022) malam.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa bumi dengan kekuatan 5,6 magnitudo melanda Kabupaten Cianjur Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) Pukul 13.21 WIB dengan kedalaman 10 kilometer.

Pusat gempa berada di darat 10 kilometer Barat Daya Kabupaten Cianjur dengan titik koordinat 6.84 lintang selatan dan 107.05 bujur timur.

Gempa bumi tersebut dirasakan (Skala MMI) V-VI di Cianjur, IV - V Garut, IV - V Sukabumi, III Cimahi, III Lembang, III Kota Bandung, III Cikalong Wetan, III Rangkasbitung, III Bogor, III Bayah, II - III Rancaekek, II - III Tangerang Selatan, II - III DKI Jakarta, II - III Depok, II - III Tangerang, dan III Bakauheni.

Artikel ini telah terbit di IDX Channel dengan judul "Kapolri Kerahkan Personel dan Beri 3.000 Paket Sembako untuk Korban Gempa Cianjur".

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut