Peduli Bencana Alam, Komunitas Rudal AdSense Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

Iman Ridhwan Syah
.
Jum'at, 25 November 2022 | 18:00 WIB
Komunitas Rudal AdSense salurkan bantuan untuk korban gempa Cianjur di Desa Tegalega, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Foto: Rudal AdSense/Irpan Danis)

GEMPA Bumi Cianjur pada Senin (21/11/2022) siang menyisakan kesedihan dan duka mendalam kepada masyarakat Indonesia karena merenggut banyak korban meninggal dunia, luka berat, luka ringan, bangunan rumah runtuh hingga bangunan sekolah roboh.

Bahkan, gempa susulan masih terus terjadi. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono mengungkapkan hingga hari ini, Jumat (25/11/2022) pagi tadi sudah ada 236 gempa susulan di Cianjur.

"Gempa susulan sampai dengan 25 November 2022 pukul 06.00 WIB, terjadi 236 kali gempa dengan magnitudo terbesar 4.2 dan magnitudo terkecil 1.2," ujar Daryono di Twitter pribadinya, @DaryonoBMKG, Jumat (25/11/2022).

Dikutip dari laman Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat (25/11/2022) siang, jumlah korban meninggal akibat gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat hingga Kamis (24/11/2022) malam mencapai 272 orang.

Selain itu, sebanyak 39 orang hilang dan masih dalam pencarian, 62.546 warga mengungsi, dan 107 jenazah masih dalam proses identifikasi.

Meski demikian, bantuan logistik dari para donatur di Indonesia masih terus berdatangan untuk para korban selamat gempa Cianjur. Termasuk penyaluran donasi dari komunitas Rudal AdSense yang turut berduka.

"Sangat memilukan dan mengiris hati, tapi di sisi lain kita harus ambil positifnya ini merupakan suatu gambaran bahwa harus semakin mendekatkan diri kepada Allah dengan melaksanakan segala perintahnya dan menjauhi larangannya. Juga kita diingatkan harus berbagi dengan cara ini agar pintu hati terketuk untuk beramal dan memperhatikan lingkungan sekitar dalam keseharian untuk seterusnya," ujar Mas Andi, selaku pimpinan komunitas Rudal AdSense saat dihubungi iNewsBekasi.

Gerak cepat komunitas Rudal AdSense membuahkan hasil, karena korban gempa di beberapa wilayah Cianjur sudah kekurangan logistik dan tenda darutat.

"Setelah mendengar bencana alam di Cianjur, Saya selaku pimpinan komunitas Rudal AdSense menunjuk Irpan Danis sebagai koordinator lapangan untuk segera mengkoordinir bantuan kepada saudara-saudara kita di Cianjur. Antusiasme dan kekompakan anggota yang sigap langsung menggalang donasi untuk para korban, serta target kami langsung tepat ke penerimanya yang berhak tanpa lewat jalur manapun juga," lanjut Mas Andi.


Komunitas Rudal AdSense memberikan bantuan untuk siswa MTsN Cianjur yang rumahnya terdampak gempa (Foto: Rudal AdSense/Irpan Danis)

Dia menuturkan, komunitas Rudal AdSense menyalurkan bantuan di beberapa wilayah dan para siswa yang rumahnya terdampak bencana alam gempa bumi Cianjur, pada Kamis (24/11/2022) siang.

"Sasaran bantuan kami dialokasikan di wilayah Desa Tegalega Kecamatan Cugenang, Desa Sukamanah Kecamatan Warungkondang, dan para siswa MTsN 6 Cianjur yang rumahnya terkena dampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat," jelasnya.

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini