Kenapa Tak Ada Satu pun Jembatan di Atas Sungai Amazon? Ini Alasannya

Wasis Wibowo
.
Sabtu, 26 November 2022 | 12:20 WIB
Alasan Kenapa Tak Ada Satu pun Jembatan di Atas Sungai Amazon. Foto: Dok. Okezone

BRASILIA, iNewsBekasi.id - Alasan kenapa tak ada satu pun jembatan di atas Sungai Amazon bisa Anda simak penjelasanny di artikel ini.

Seperti diketahui, Sungai Amazon dikenal sungai terlebar di dunia, di mana memiliki bentang mencapai 48 kilometer dan menjadi sungai terpanjang kedua di dunia sejauh 6,920 kilometer.

Kendati demikian, Sungai Amazon tak mempunyai satu pun jembatan untuk melintas di atasnya. Di mana sungai Amazon mengalir membelah tiga negara, yakni Peru, Kolombia dan Brasil yang dihuni lebih 30 juta orang di sekitar lembah sungai. 

Bahkan, sejumlah flora dan fauna, seperti spesies lumba-lumba sungai terbesar di dunia, 100 spesies ikan listrik dan 60 spesies piranha ada di sana.

Apabila dibandingkan dengan beberapa sungai lain yang terkenal di dunia, terkesan aneh saat tak bisa menemukan satu jembatan pun yang melintasi sungai Amazon. Contohnya sungai Nil di Kairo memiliki 9 unit jembatan yang melintas di atasnya.

Bahkan sungai Yangtze memiliki 100 jembatan dan sungai Danube di Eropa, yang panjangnya hanya sepertiga sungai Amazon, memiliki 133 jembatan. Tentu ini mengundang rasa penasaran, kenapa di atas sungai Amazon tidak ada satu jembatan pun.

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini