get app
inews
Aa Read Next : Kisah Pendeta yang Bikin Rasulullah SAW Tertawa Lepas

Ternyata Inilah Pekerjaan Terbaik Menurut Rasulullah SAW

Kamis, 15 Desember 2022 | 07:08 WIB
header img
Ternyata Inilah Pekerjaan Terbaik Menurut Rasulullah SAW. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Inilah pekerjaan terbaik menurut Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Hal yang paling utama serta pokok ialah halal. Tetapi kalau lebih khusus, pekerjaan terbaik apa yang disukai Nabi?

Dalam hadits nomor 782 dari Bulughul Maram Kitab Al-Buyu’ disebutkan:

عَنْ رِفَاعَةَ بْنِ رَافِعٍ – رضي الله عنه – أَنَّ اَلنَّبِيَّ – صلى الله عليه وسلم – سُئِلَ: أَيُّ اَلْكَسْبِ أَطْيَبُ? قَالَ: – عَمَلُ اَلرَّجُلِ بِيَدِهِ, وَكُلُّ بَيْعٍ مَبْرُورٍ – رَوَاهُ اَلْبَزَّارُ، وَصَحَّحَهُ اَلْحَاكِمُ.

"Dari Rifa’ah bin Raafi’ radhiyallahu ‘anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya mengenai mata pencarian yang halal? Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, 'Amalan seseorang dengan tangannya dan setiap jual beli yang diberkahi'."

(HR Al Bazzar dan disahihkan oleh Al Hakim. HR Al Bazzar, 9:183; Al-Hakim, 2:10; Ahmad, 4:141. Syekh Syu'aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini hasan dilihat dari jalur lainnya)

Faedah hadits tersebut adalah:

1. Bahwa umat Islam diperintahkan bekerja, itulah yang namanya tawakal.

2. Sahabat Nabi itu sangat semangat mencari kerja yang halal, bukan mencari kerja yang banyak penghasilannya.

3. Pekerjaan seseorang dengan tangannya adalah pekerjaan yang paling asal, karena Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mendahulukan pekerjaan dengan tangan, lalu jual beli yang mabrur.

4. Apa pekerjaan yang paling utama (paling bagus)? Syekh 'Abdullah Al Fauzan katakan bahwa pekerjaan yang paling bagus adalah pekerjaan yang sesuai dengan keadaan setiap orang, dan saling mendukung antara mukmin yang satu dan lainnya.

5. Bekerja lebih utama dari meminta-minta (mengemis).  

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut