get app
inews
Aa Read Next : Shin Tae-yong Akan Pertahankan The Winning Team saat Hadapi Australia

Gilas Vietnam, Akankah Timnas Indonesia Lolos Otomatis ke Semifinal Piala AFF 2020?

Selasa, 14 Desember 2021 | 15:01 WIB
header img
TIMNAS Indonesia bentrok menghadapi Vietnam di matchday ketiga Grup B Piala AFF 2020 pada Rabu 15 Desember 2021 pukul 19.30 WIB. (Foto: PSSI)

Penyelenggara turnamen menjadikan selisih gol sebagai tolok ukur utama penentuan posisi ketika ada dua atau tiga tim yang memiliki poin sama. Sekadar informasi, poin Timnas Indonesia masih bisa disamai Vietnam dan Malaysia, meski skuad Garuda menang atas Golden Stars –julukan Vietnam– di laga ketiga. 

Poin Timnas Indonesia bisa disamai jika mereka tumbang dari Malaysia di laga pamungkas fase grup pada Minggu, 19 Desember 2021 malam WIB.  

Kemudian di laga lain, Vietnam menang atas Kamboja. Andai kondisi itu terjadi, poin akhir Timnas Indonesia, Vietnam dan Malaysia sama-sama 9 angka.

Untuk menentukan tim lolos atau dua tim teratas, selisih gol jadi tolok ukur utama. Jika selisih gol juga sama, produktivitas gol atau tim yang mencetak gol paling banyak bakal lolos ke semifinal Piala AFF 2020. 

Andai produktivitas ketiga tim masih sama, head-to-head alias hasil pertandingan yang melibatkan Indonesia, Vietnam dan Malaysia jadi tolok ukur. Andai kondisi ini terjadi, otomatis bakal dibuat klasemen mini untuk menentukan tim mana yang paling impresif ketika saling bertemu. 

Jika di klasemen mini ternyata masih sama juga, AFF akan melakukan pengundian untuk memilih dua tim yang lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Namun, harapannya Timnas Indonesia dapat menyapu bersih dua laga sisa kontra Vietnam (Rabu, 15 Desember 2021) dan Malaysia (Minggu, 19 Desember 2021). Jika memenangkan dua laga itu, Timnas Indonesia otomatis finis sebagai juara grup.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut