get app
inews
Aa Read Next : Penghijauan Lingkungan Jadi Program Utama Perkumpulan Milenial Indonesia Menanam Diluncurkan

Pohon Ajaib Sebatang Kara Ini Sanggup Hidup 400 Tahun di Tengah Gurun Pasir

Rabu, 15 Desember 2021 | 08:40 WIB
header img
Shajarat al-Hayat, pohon kehidupan sebatang kara di tengah gurun tandus (Foto: Worldtoptop)

POHON kehidupan atau dalam bahasa Arab dikenal dengan nama Shajarat al-Hayat. Pohon ajaib ini juga biasa disebut warga lokal sebagai pohon "kesepian".

Adalah Mesquite yang berdiri di jantung gurun Bahrain selama lebih dari 400 tahun atau 4 abad lamanya.

Pohon ini begitu fenomenal lantaran ia berdiri sebatang kara alias "jomblo" di tengah gurun pasir nan tandus bahkan dianggap sebagai keajaiban alam dunia yang luar biasa yang disaksikan oleh pelancong di negeri itu.

Shajarat al-Hayat berdiri dengan sangat gagah di atas bukit berpasir setinggi 25 kaki atau 7,6 meter di titik tertinggi Bahrain, bermil-mil jauhnya dari pohon alami lain dan tanpa sumber air yang jelas.

Dengan ketinggian 32 kaki (9,7 meter), pohon itu terus tumbuh meski dalam suhu ekstrem, kekurangan air segar, apalagi yang namanya nutrisi.

pohon kehidupan atau Shaharat al-Hayat alias The Tree of Life
Foto: Worldtoptop

Pohon unik ini kemudian dikenal sebagai pohon "kehidupan" karena fakta bahwa pohon itu berdiri di tengah gurun yang panas dan kering tanpa sumber air, yang benar-benar mewakili keajaiban kehidupan dan kekuatan alam.

Ilmuwan tanaman mangatakan bahwa akarnya sangat dalam dan lebar untuk mendapatkan air dari cadangan air mata manis yang jauhnya beberapa kilometer.

Penduduk setempat percaya dengan hati dan jiwa bahwa umur pohon itu diberikan oleh Enki, dewa air. Dalam mitos, itu menandai lokasi Taman Eden.

Editor : Iman Ridhwan Syah

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut