get app
inews
Aa Read Next : Jakarta Banjir dan Macet Total, Sahroni Sentil Pj Gubernur DKI Heru Budi

BMKG: Jabodetabek Bakal Diguyur Hujan pada Malam Tahun Baru

Rabu, 28 Desember 2022 | 12:37 WIB
header img
BMKG sebut Jabodetabek Bakal Diguyur Hujan pada Malam Tahun Baru. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) menyatakan bahwa ada potensi terjadi hujan di wilayah Jabodetabek pada malam pergantian tahun baru 2023.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, mengatakan bahwa sejak tahun 2019, wilayah Jabodetabek selalu terkena hujan saat pergantian tahun baru setiap tahunnya.

"Jika dilihat gambaran peta sebaran Jabodetabek hujan 31 Desember 2019 sampai 1 Januari 2020 ya, artinya malam tahun baru tahun 2020 itu terjadi hujan lebat dengan tertinggi ada di Halim 370 mm per hari," katanya saat Konferensi Pers secara virtual, Selasa (27/12/2022).

Lalu, apakah wilayah Jabodetabek berpotensi diguyur hujan saat pergantian tahun baru? "Kemudian yang ingin saya katakan apakah tahun ini (terjadi)? Potensinya masih ada, namun harus kita lihat dulu faktor utamanya," kata Guswanto.

"Seperti yang disampaikan oleh Kepala BMKG (Dwikorita Karnawati) tadi bahwa pada tahun 2019 menuju 2020 itu adalah La Nina-nya dalam kategori moderat, saat ini itu lemah menuju netral yang di mungkinkan nanti di bulan Februari Maret itu akan menuju netral itu yang bisa ditambahkan," paparnya.

Guswanto menyebutkan, puncak hujan di wilayah Jabodetabek akan terjadi pada bulan Desember hingga Januari. "Puncak musim hujan (Jabodetabek) akan jatuh pada bulan Januari-Februari, Desember, Januari, Februari, diantaranya," ujar Guswanto.

Editor : Aditya Nur Kahfi

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut