Logo Network
Network

Terkait Polemik Isu Badai Dahsyat, Ini Penjelasan Kepala BRIN

Iman Ridhwan Syah
.
Jum'at, 30 Desember 2022 | 00:49 WIB
Terkait Polemik Isu Badai Dahsyat, Ini Penjelasan Kepala BRIN
Terkait Polemik Isu Badai Dahsyat, Ini Penjelasan Kepala BRIN. Foto: Dok. Antara

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Belum lama ini tersiar kabar soal prediksi badai dahsyat yang jadi polemik di masyarakat. Di mana Pakar Klimatologi di Pusat Iklim dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Erma Yulihastin memprediksi cuaca hujan ekstrem sampai badai dahsyat yangakan terjadi pada Rabu 28 Desember 2022.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BRIN Handoko mengataka prediksi cuaca hujan ekstrem hingga badai dahsyat yang disampaikan Erma Yulihastin bersifat personal, bukan resmi yang dikeluarkan BRIN.

"Kemarin adalah pendapat personal periset BRIN, bukan dari BRIN," ujar Handoko di keterangan persnya, Kamis (29/12/2022.

“Bukan berarti BRIN tidak memiliki tanggung-jawab dan berkontribusi atas informasi publik di atas. Pada sebagian besar kasus, BRIN turut menjadi pemasok data utama berbagai informasi, termasuk untuk kebakaran hutan, cuaca, iklim, kebencanaan, kesehatan, nuklir dan lain sebagainya,” lanjutnya.

Selain itu, BRIN mempunyai banyak periset mumpuni di hampir semua bidang keilmuan. Kendati demikian, dia kembali menegaskan, bukan berarti BRIN sebagai lembaga yang memiliki otoritas keilmuan di semua bidang. Otoritas keilmuan dimiliki para periset BRIN sesuai kepakarannya.

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini