get app
inews
Aa
Read Next : Shin Tae-yong Akan Pertahankan The Winning Team saat Hadapi Australia

Deretan Negara yang Takut dengan Indonesia, Kekuatan Militernya Mengerikan!

Kamis, 12 Januari 2023 | 07:22 WIB
header img
Deretan Negara yang Takut dengan Indonesia. Foto: MNC Media

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Indonesia menjadi negara yang diperhitungkan di tingkat internasional. Di mana sebagai negara besar dengan populasi terbanyak nomor empat di dunia, Indonesia pun termasuk negara yang disegani. Ada beberapa negara bahkan diklaim takut dengan Indonesia.

Seperti diketahui, Indonesia punya perekonomian yang sangat stabil di tengah banyak negara yang jatuh ke jurang resesi. Dari sisi militer, kekuatan RI juga tidak dapat diremehkan.

Pada daftar rangking Militer Dunia 2023 yang dirilis Global Firpower, Indonesia menduduki peringkat 13 dari 145 negara. Bila di Asia Tenggara, posisi Indonesia ada di nomor 1 militer terkuat.

Kekuatan militer Indonesia tak hanya dari sisi alutsista, tapi juga punya pasukan elite khusus seperti Kopassus di TNI Angkatan Darat, Kopaska di TNI Angkatan Laut dan Kopasgat di TNI Angkatan Udara.

Lantas, siapa saja negara-negara yang takut dengan Indonesia? Berikut informasinya, sebagaimana iNewsBekasi.id himpun dari Okezone, Kamis (12/1/2023).

Negara yang Takut dengan Indonesia

1. Myanmar

Negara Junta Militer ini rupanya membenci Indonesia. Kebencian Myanmar terhadap negara tetangga ini lantaran kerap mengangkat kasus Rohingya di meja rapat PBB. Meski begitu, negara ini juga diketahui takut dengan kekuatan yang dimiliki oleh Indonesia.

2. Malaysia

Hubungan diplomasi antara Indonesia umumnya pasang surut yang dipicu dengan klaim mengklaim. Meski begitu, kedua negara ini tetap menjalani hubungan yang baik.

Sementara itu, menengok dari kekuatan milter yang dimiliki Indonesia, sejatinya kekuatan militer Malaysia berada jauh di bawah.

3. Israel

Israel adalah musuh abadi Palestina, negara yang mendapat dukungan penuh dari Indonesia. Israel kerap dibanding-bandingkan mengenai kekuatan militernya dengan Indonesia. Tentunya kekuatan militer Indonesia jauh di atas Israel yang berada di urutan ke-18 dalam ranking militer terkuat 2023.

4. Vanuatu

Vanuatu pernah menyerang Indonesia di sidang PBB perihal tuduhan pelanggarn HAM di Papua. Aksi dilakukan perwakilan negara di sebelah timur Australia itu mendapat reaksi keras dari netizen Indonesia.

Warganet Indonesia sontak melancarkan serangan lewat media sosial hingga trending. Bahkan akun promosi pariwisata Vanuatu harus ditutup karena derasnya kritikan dari netizen Indonesia. Bahkan tak sedikit warga Vanuatu yang terserang mentalnya.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut