get app
inews
Aa Read Next : Status Siaga, Gunung Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas Guguran pada Minggu Dini Hari

Gunung Merapi Erupsi, Mengeluarkan Awan Panas Guguran Sejauh 2 Kilometer

Sabtu, 18 Desember 2021 | 22:00 WIB
header img
Gunung Merapi kembali memuntahkan awan panas guguran sejauh 2.000 meter ke arah barat daya, Sabtu (18/12/2021) petang. (Foto: iNews/Heru Trijoko)

SLEMAN, iNews.id - Gunung Merapi yang terletak di bagian tengah Jawa Tengah mengalami erupsi, Sabtu (18/12/2021) petang. Gunung api aktif ini mengeluarkan awan panas sejauh 2 kilometer ke arah barat daya.

Kejadian keluarnya awan panas tersebut berlangsung selama 135 detik dengan tinggi mencapai 400 meter. Meski terjadi peningkatan aktivitas vulkanis, status Gunung Merapi masih tetap bertahan di level tiga Siaga.

Detik-detik erupsi Gunung Merapi ini terpantau CCTV Kantor Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta. Terekam Merapi mengalami erupsi disertai mengeluarkan awan panas sebanyak satu kali. Awan panas ini terjadi pukul 16:43 WIB.

Selain awan panas, terjadi pula guguran sebanyak 25 kali, hybrid atau multiphase satu kali dan gempa tektonik jauh satu kali dengan amplitudo 17 milimeter dan durasi 45 detik.

Terkait aktivitas ini, warga diimbau untuk tidak boleh beraktivitas apa pun di sekitar lereng Merapi pada radius 5 kilometer dari atas puncak. Kemudian waspadai potensi ancaman guguran awan panas maupun lava yang diprediksi masih akan terus terjadi.

Warga juga diminta mewaspadai potensi banjir lahar dingin di hulu sungai yang terjadi saat hujan deras tepat di atas puncak.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut