Heboh, Fenomena Awan Berbentuk UFO di Turki, Begini penjelasannya

Wahyu Budi Santoso
.
Minggu, 22 Januari 2023 | 10:41 WIB
Heboh, Fenomena Awan Berbentuk UFO di Turki, Begini penjelasannya. (Foto: Daily)

ANKARA, iNewsBekasi.id - Warga kota Bursa di Turki dikejutkan dengan penampakan awan yang berbentuk lensa mata dan menyerupai benda terbang tak dikenal (UFO) di langit pada Kamis pagi.

Awan tersebut tetap ada di langit selama satu jam dan dapat dilihat dari beberapa distrik di Bursa, seperti Gursu, Osmangazi, Kestel, Nilufer, dan Yildrim.

Fenomena ini tentu saja menarik perhatian warga dan banyak di antaranya yang memotret dan merekamnya dengan ponsel mereka. Akibatnya, pemandangan awan UFO ini menjadi viral di seluruh Turki.

Menurut informasi dari badan meteorologi setempat, bentuk awan yang mirip dengan piring terbang berwarna-warni tersebut adalah awan lenticular. Awan lenticular adalah formasi awan yang aneh dan tampak berbeda dari awan pada umumnya. Awan ini terbentuk karena fluktuasi angin yang kencang dan menandakan adanya turbulensi yang bergerak ke bawah di langit.

"Awan lenticular terjadi ketika udara stabil dan angin bertiup melintasi bukit dan gunung dari arah yang sama atau serupa pada ketinggian berbeda," kata pejabat badan meteorologi. Lembaga tersebut juga menambahkan bahwa awan lenticular sangat mirip dengan bentuk UFO piring terbang dalam fiksi ilmiah.

Jenis awan ini diyakini menjadi salah satu penjelasan paling umum untuk penampakan 'awan UFO' di seluruh dunia.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Bagikan Artikel Ini