get app
inews
Aa Read Next : Alami Gangguan Kamtibmas, Kapolsek Cikarang Barat Sebar Nomor Hotline Kepolisian

20 Kosa Kata Gaul Anak Bekasi dan Contoh Penggunaannya, Lengkap!

Selasa, 24 Januari 2023 | 16:30 WIB
header img
Ilustrasi Kosa Kata Gaul Anak Bekasi dan Contoh Penggunaannya. Foto: Randy Wirayudha

BEKASI, iNewsBekasi.id - Apakah Anda sedang mencari kosa kata gaul anak Bekasi? Jika iya maka tepat sekali berada di artikel ini. Seperti diketahui, Bekasi adalah sebuah kota yang sebagian besar warganya terdiri dari suku Sunda dan Betawi.

Karena itu, bahasa yang dipakai di Bekasi ialah campuran bahasa Betawi, Sunda hingga Jawa. Sehingga, bagi Anda yang ingin mampir atau pindah ke Bekasi harus tahu beberapa istilah tersebut agar nyambung dengan bahasa anak-anak Bekasi saat sedang kumpul bareng.

Lantas, apa saja kosa kata gaul anak Bekasi? Berikut informasinya, sebagaimana telah iNewsBekasi.id himpun.

Kosa Kata Gaul Anak Bekasi

1. Bagen

Bagen merupakan kosa kata gaul anak Bekasi yang mempunyai arti biarin. Di mana kata ini biasanya menunjukkan rasa ketidakpedulian. Contoh dari penggunaan kata bagen, yaitu "ya bagenin lah!" artinya "ya biarin lah!".

2. Danta

Selanjutnya ada kata Danta yang memiliki arti jelas. Kata ini pun umumnya ditambahkan dengan "enggak" sehingga jika digabungkan dengan danta menjadi "enggak danta" yang maknanya gak jelas.

Contoh penggunaan kata "Danta", yakni "Apaan dah, enggak danta lu!" artinya "Apaan dah, enggak jelas lu!".

3. Ilok

Ilok biasanya dipakai untuk mengekspresikan bentuk ketidakpercayaan atau kaget pada sesuatu. Kata ini jika dalam bahasa Indonesia seperti "beneran?" "serius? contoh penggunaan kata ilok, yakni "ilok? masa doi begitu?" artinya 
serius? masa doi begitu?".

4. Bae

Berikutnya ada kata bae yang artinya 'aja'. Kata ini umumnya ditemukan di bahasa Jawa serta Sunda. Contoh penggunaan kata "bae", yaitu "Darimana bae lu?" artinya "Darimana aja lu?".

5. Antepin

Antepin adalah salah satu kata di bahasa Betawi yang punya makna diemin. Di mana Antepin hampir sama dengan bagenin. Contoh penggunaan kata Bagenin yakni, "Ya udah antepin bae, nanti doi juga pulang sendiri" artinya " Ya udah diemin aja, nanti doi juga pulang sendiri".

6. Goroh

Goroh sendiri memiliki arti bohong. Di mana Goroh menunjukkan bentuk ketidakpercayaan pada suatu hal. Contoh penggunaan kata Goroh, yaitu "Goroh bae, lu!" artinya "bohong aja, lu!".

7. Gegares

Kata Gegares biasanya digunakan anak Bekasi untuk mengungkapkan kondisi makan yang begitu banyak atau terus menerus. Contoh penggunaannya, yakni "Gegares bae lu sampai tumpah noh" artinya "Makan aja lu sampai tumpah noh".

8. Awang

Awang memiliki makna malas. Di mana kata ini digunakan untuk menyatakan kondisi saat seseorang yang sedang tidak ingin melakukan hal apapun. Contoh penggunaan kalimat awang, yakni, "Awang banget gue dah hari ini" artinya "Malas banget gue dah hari ini".

9. Sabi

Sabi tentunya sudah sering didengar di telinga gen Z saat ini. Di mana kata sabi artinya bisa. Kata ini umumnya digunakan yang artinya sama dengan bisa. Contoh kalimat yang menggunakan kata sabi yaitu "sabi kali gue pinjam uang lu" artinya "bisa kali gue pinjam uang lu".

10. Nanan

Kata ini pun masih punya arti yang hampir sama dengan kata antepin, yakni bodo amat. Kata ini biasanya dipakai untuk mengungkapkan bentuk ketidakpedulian. Contoh penggunaan kata nanan, yaitu "nanan ah, doi ngeselin" artinya "bodo amat ah, doi ngeselin".

11. Eug

Eug sendiri artinya adalah gue atau saya. Di mana penggunaan eug sebagai kata ganti orang pertama.

12. Lau

Selanjutnya adalah lau yang artinya adalah lu atau Anda. Contoh penggunaan kata lau, yaitu "Kemana aja lau, eug tungguin daritadi" artinya "Kemana aja lu, gua tunggu daritadi".

13. Purik

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, purik memiliki arti pergi meninggalkan rumah karena marah. Di Bekasi, kata purik ditujukan untuk seseorang yang lagi ngambek.

14. Bakil

Bakil artinya balik. Penggunaan bakil tergantung pada dua hal, Pertama, memberi informasi mau kembali. Contohnya yaitu "Gua bakil dulu, deh" artinya "Gua balik dulu, dah". Kedua, menunjukan arah berlawanan. Contohnya : Baju yang lau pakai tebakil noh" artinya "Baju yang lu pakai terbalik tuh".

15. Bader

Bader adalah pengganti kata "bandel". Di mana kata ini serapan bahasa Inggris, yang artinya lebih buruk. Pengejaan kata ini memakai "e" pepet serta penggunaannya ditujukan pada anak kecil yang bandel.

Contohnya: "Bader banget dah lu, tong" artinya "Bandel banget dah lu, nak".

16. Woles

Woles adalah kata selow yang hurufnya dibaca dari belakang. Di mana selow adalah serapan bahasa Inggris "Slow" yang maknanya pelan atau santai. Contoh penggunaannya "Woles bae lau, bentar lagi selesai" artinya "Santai aja lu, bentar lagi selesai".

17. Rudit

Sama seperti woles, rudit merupakan kosa kata gaul anak Bekasi yang hurufnya dibaca dari belakang. Arti Rudit yakni tidur.

18. Hacep

Selanjutnya ada Hacep yang artinya kebalikan dari pecah. Hacep pun dapat diartikan sebagai meriah atau berhasilnya suatu acara.

19. Boil

Boil merupakan kata pengganti untuk menyebut mobil. Artinya sama dengan mobil. Contoh penggunaan kata boil, yakni "Cieee boil baru, yak" artinya "Cieee mobil baru, yak".

20. Jember

Terakhir ada Jember yang dipakai saat menengok hal yang kotor, jorok hingga menjijikkan. Contoh penggunaan kata jember, yaitu "Jember banget dah tempat ini" artinya "Jorok banget sih tempat ini".

Demikian informasi mengenai kosa kata gaul anak Bekasi dan contoh penggunaannya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut