get app
inews
Aa Read Next : Pendeta Gilbert Lumoindong Dilaporkan ke Polda Metro Jaya, Singgung Soal Zakat

Kumpulan Doa untuk Meluluhkan Hati Seseorang: Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan

Jum'at, 10 Februari 2023 | 07:00 WIB
header img
Ilustrasi Doa. Foto: Thoughtco

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Kumpulan doa untuk meluluhkan hati seseorang beserta bahasa Arab, latin dan terjemahan bisa Anda amalkan. Mengenai meluluhkan hati seseorang tak serta merta tentang perasaan suka (cinta), akan tetapi juga tentang perasaan seseorang yang dipenuhi amarah (kebencian).

Berikut ini beberapa doa untuk meluluhkan hati yang sangat penting diketahui kaum Muslimin, sebagaimana telah iNewsBekasi.id himpun dari Okezone.

Doa untuk meluluhkan Hati Seseorang

1. Doa Meluluhkan Hati Orang yang Dicintai

Doa berikut ini ada pada kisah Nabi Musa Alaihissallam dan Nabi Daud Alaihissallam ketika berusaha melembutkan sesuatu hal yang terasa menyulitkan bagi manusia. Adapun doanya sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزُ الْكَبِيْرُ وَأَنَا عَبْدُكَ الضَّعِيْفُ الذَّلِيْلُ الَّذِيْ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِكَ، اللَّهُمَّ سَخِّرْ لِيْ كَمَا سَخَّرْتَ فِرْعَوْنَ لِمُوْسَى وَلَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ كَمَا لَيَّنْتَ الْحَدِيْدَ لِدَاوُدَ فَإِنَّهُ لَا يَنْطِقُ إِلَّا بِإِذْنِكَ نَاصِيَتُهُ فِيْ قَبْضَتِكَ وَقَلْبُهُ فِيْ يَدِكَ جَلَّ ثَناَءُ وَجْهِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Arab latin: Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa anaa abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzii laa haula wa laa quwwata illaa bika. Allaahumma sakhkhir lii ... (sebut nama orang dimaksud) kama sakhkhorta firauna li musa. Wa layyin li qolbahuu kama layyantalhadiida li dawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika. Wa qolbuhuu fi yadiKka. Jalla tsanau wajhik. ya arkhamar rakhimiin.

Artinya: "Ya Allah, sungguh Engkau Maha Mulia Maha Besar. Sedangkan aku hamba-Mu yang sangat hina dina. Tiada upaya dan kekuatan kecuali karena Engkau. Ya Allah, tundukkanlah ... (sebut nama orang yang dimaksud) padaku, sebagaimana Engkau telah menundukkan Fir'aun pada Musa Alaihissallam. Dan luluhkan hatinya untukku, sebagaimana Engkau telah meluluhkan besi untuk Daud Ad. Karena sungguh dia takkan berbicara kecuali dengan izin-Mu. Ubun-ubunnya dalam genggaman-Mu, dan hatinya di tangan-Mu. Pujian wajah-Mu telah Agung, wahai yang lebih sayang para penyayang."

2. Doa Meluluhkan Hati Orang yang Marah

Berikut doa untuk melunakkan hati orang yang sedang marah:

لاَاِلهَ اِلاَّاللهُ الْحَلِيْمُ الْحَكِيْمُ، سُبْحَانَ اللهِ رَبّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَرَبّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، لآَاِلهَ اِلآّ اَنْتَ عَزَّجَارُكَ وَجَلَّ ثَنَآؤُكَ

Arab latin: La ilaha illallahul halimul hakimu, subhanallahi rabbus samawatis sab’a wa rabbul ‘arsyil ‘adzimi, la ilaha illa anta ‘azza jaruka wa jalla sana’uka.

Artinya: "Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Kasih lagi Maha Bijaksana, Maha Suci Allah Tuhan yang memelihara tujuh langit dan menguasai 'arsy yang agung, tiada Tuhan selain Engkau, sangat kuat perlindungan-Mu dan Maha Tinggi perlindungan-Mu."

3. Dzikir Melembutkan Kerasnya Hati Suami

Selain doa, ada bacaan dzikir yang bisa dilantunkan untuk membuat seseorang yang diselimuti amarah kembali lembut dan tidak mudah marah dalam menanggapi segala sesuatu.

Ya Jabbar, Ya Azis, Ya Mutakabbir

4.  Doa Mencintai karena Allah Ta'ala

Bagi umat manusia mencintai seseorang atau sesuatu alangkah baiknya didasarkan karena Allah Subhanahu wa Ta'ala. Berikut ini doanya:

اللَّهمَّإِنِّيأَسْأَلُكَحُبَّكَ،وَحُبَّمَنْيُحِبُّكَ،وَالعمَلالَّذِييُبَلِّغُنيحُبَّكَ،اللَّهُمَّاجْعلحُبَّكَأَحَبَّإِلَيَّمِننَفسي،وأَهْلي،ومِنالماءِالبارِدِ

Arab latin: Allahumma inni-as’aluka hubbaka wa hubba man yuhibbuka wal-amalalladhi yuballighuni hubbak. Allahummaj’al hubbaka ahabba ilaiya min nafsi, wa ahli wa minal-ma’il-barid.

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu, curahan cinta-Mu dan rasa cinta kepada orang-orang yang mencintai-Mu dan kecintaan melakukan perbuatan yang dapat menyampaikan aku kepada cinta-Mu. Ya Allah jadikanlah kecintâanku kepada-Mu melebihi kecintâanku kepada diriku, keluargaku, dan kepada air yang segar.

5. Doa Pembuka Hati agar Lancar Segala Urusan

Doa meluluhkan hati seseorang berikut ini kerap kali dibaca setiap hari. Adapun bacaannya sebagai berikut:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Arab latin: Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.

Artinya: "Ya Allah, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku." (QS Thoha: 25–28)

6. Doa untuk istri lebih sabar dan lembut

Dalam Alquran ada doa yang diperuntukkan kepada istri agar lebih bersikap lembut dan sabar. Doa tersebut tertuang dalam Surat Al Baqarah Ayat 165 dan Surat Ali Imran Ayat 14 sebagai berikut:

Surat Al Baqarah Ayat 165:

يُحِبُّونَهُمْ كَحُبِّ اللَّهِ ۖ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَشَدُّ حُبًّا لِلَّهِ ۗ

Arab latin: Yuhibbunahum kahubillahi wallazina amanuu ashaddu hubbanlillah.

Artinya: "Mereka mencintainya (memuja dan mentaatinya) sebagaimana mereka mencintai Allah; sedang orang-orang yg beriman itu lebih cinta (taat) kepada Allah."

Surat Ali Imran Ayat 14:

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ ٱلشَّهَوَٰتِ مِنَ ٱلنِّسَآءِ وَٱلْبَنِينَ وَٱلْقَنَٰطِيرِ ٱلْمُقَنطَرَةِ مِنَ ٱلذَّهَبِ وَٱلْفِضَّةِ

Arab latin: Zuyyinalinnasi hubbushahawati minannisa’i walbani na walqanaathiril muqanthorotiminazzahabi walfidhah.

Artinya: "Dihiasikan (dan dijadikan indah) bagi manusia: kesukaan kepada benda-benda yang diingini, yaitu perempuan-perempuan dan anak-anak; harta-benda yang banyak dari emas dan perak."

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut