get app
inews
Aa Read Next : Transfer Teknologi, 365 Unit Mesin jadi Sarana Siswa Belajar Otomotif

6 Cara Mudah Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam, Nomor 6 Gunakan HP

Senin, 13 Februari 2023 | 13:59 WIB
header img
Ilustrasi pintu mobil terkunci dari dalam. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNews.id - Ketika Anda ingin pergi menggunakan mobil, tiba-tiba pintu mobil tidak bisa terbuka karena terkunci dari dalam.

Panik!. Jelas dong, apalagi Anda terburu-buru ingin pergi karena ada keperluan penting.  Tenang, kamu tidak perlu panik. Sebab, ada beberapa cara mudah dan gak ribet untuk membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam.

Berikut 6 cara mudah membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam yang dirangkum dari berbagai sumber:

1.Gunakan besi

Besi berguna untuk membuat celah pada bagian atas pintu. Setelah celah berhasil dibuat, gunakan kawat besi. Fungsi kawat besi adalah guna menekan tombol pengunci.

Untuk mempertahankan celah agar tak mudah tertutup, beri ganjalan. Sebelum memasang kawat kecil, bengkokan bagian ujungnya. Panjang kawat sebaiknya 20 cm karena jarak celah dengan tuas lumayan dalam.

Jarak antara celah kaca pintu dengan tuas umumnya 60-80 cm. Dapat pula memanfaatkan penggaris besi yang memiliki panjang 30 cm. Masukan penggaris pada bagian karet kaca mobil.

Geser hingga titik panel kunci bisa ditekan naik turun. Cara ini biasanya tidak berhasil pada percobaan pertama kali. Ulangi berkali-kali sampai pintu mobil dapat terbuka kembali.

2.Gunakan obeng

Cara membuka pintu mobil yang terkunci dengan obeng harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Tujuannya, agar tidak merusak bagian eksterior dan interior mobil.

Gunakan obeng untuk membuat celah kemudian masukan pencungkil kecil. Dengan begitu, kamu bisa meraik kunci melalui pencungkil. Walau begitu, cara ini cukup berisiko karena tekanan tinggi dapat meninggalkan goresan.

Selain pencungkil, dapat menggunakan simpul tali. Buat simpul hidup pada bagian tengah. Sisakan tali sekitar 5-8 cm pada simpul hidup sehingga lingkaran bisa dengan mudah masuk ke dalam kunci.

Setelah celah dibuat, masukkan tali turun ke dalam mobil. Posisikan simpul hidup terletak di atas kunci manual. Apabila posisi telah pas, kencangkan simpul hidup.

Tarik tali ke arah atas hingga pintu mobil berhasil dibuka. Sebaiknya gunakan pengganjal ketika menahan pintu. Fungsinya agar sudut simpul hidup tidak mudah berubah arah.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut