get app
inews
Aa Read Next : Kesal Jalan Rusak Tak Kunjung Diperbaiki, Warga di Asahan Sumut Bangun Kuburan di Tengah Jalan

Hewan yang Bisa Mendengar Siksa Kubur

Jum'at, 24 Februari 2023 | 08:00 WIB
header img
Ilustrasi ada hewan yang bisa dengar siksa kubur. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Terdapat hewan yang bisa mendengar siksa kubur. Seperti diketahui, siksa kubur adalah ancaman yang begitu mengerikan.

Karena sangat perih serta dahsyatnya, jeritan di alam kubur rupanya bisa didengar sejumlah hewan.

Dilansirkan dari Okezone, Ddijelaskan dalam kitab Shahih Muslim melalui riwayat dari Zaid bin Tsabit Radhiyallahu anhu: Suatu hari Nabi Shallallahu alaihi wassallam sedang ada di kebun punya Bani Najjar, mengendarai baghalnya dan para sahabat menyertai beliau.

Sehingga jika diartikan, matahari terbit sampai setinggi tombak atau dua tombak pandangan mata. Sebagaimana disetujui pendapat Mazhab Hanafiyah, Syafi'iyah, dan Hanabilah. Sesampainya di sana, hampir saja binatang itu menjatuhkan Nabi.  

الشُّهَدَاءُ خَمْسَةٌ الْمَطْعُونُ وَالْمَبْطُونُ وَالْغَرِقُ وَصَاحِبُ الْهَدْمِ وَالشَّهِيدُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ

"Orang yang mati syahid ada lima, yakni orang yang mati karena tha'un (wabah), orang yang mati karena menderita sakit perut, orang yang mati tenggelam, orang yang mati karena tertimpa reruntuhan dan orang yang mati syahid di jalan Allah. Dan ternyata, ada enam atau lima buah kubur."

Maka beliau bertanya, "Siapa yang tahu penghuni kubur-kubur ini?" "Saya," kata seseorang.

Beliau bertanya, "Kapan mereka meninggal?" Orang itu menerangkan, "Mereka mati dalam keadaan musyrik. Dan tidak ada sholat, sesudah Sholat Ashar hingga matahari terbenam." (HR Abu Dawud)

Kemudian pendapat lain mengatakan terkait hewan ternak bisa mendengar orang yang sedang disiksa di dalam kubur. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Sesungguhnya para mayit (yang buruk amalnya) akan disiksa di dalam kuburnya sehingga hewan-hewan ternak mendengar suara mereka." (HR Ath-Thabrani dalam kitab Al Kabiir) 

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut