get app
inews
Aa Read Next : Wanita Hamil Muda Ditemukan Meninggal di Rumah Kontrakan Banjar

Inilah Tiga Rumah yang Tak Dimasuki Malaikat Rahmat dan Alasannya, Umat Islam Wajib Tahu!

Selasa, 28 Februari 2023 | 08:17 WIB
header img
Ilustrasi golongan rumah yang tidak dimasuki malaikat. Foto: Freepik

Sementara itu, dikutip dari laman Pondok Pesantren Tahfidz Alquran Darul Fikri Sidoarjo, ada hadits yang meriwayatkan para malaikat bekerja siang dan malam, turun ke bumi menjalankan perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala untuk melihat perbuatan manusia.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

عن أَبي هريرة – رضي الله عنه – قَالَ: قَالَ رسول الله – صلى الله عليه وسلم: «يَتَعَاقَبُونَ فِيكُمْ مَلاَئِكَةٌ بِاللَّيْلِ، وَمَلاَئِكَةٌ بِالنَّهَارِ، وَيجْتَمِعُونَ في صَلاَةِ الصُّبْحِ وَصَلاَةِ العَصْرِ، ثُمَّ يَعْرُجُ الَّذِينَ بَاتُوا فِيكُمْ، فَيَسْأَلُهُمُ اللهُ – وَهُوَ أعْلَمُ بِهِمْ – كَيْفَ تَرَكْتُمْ عِبَادي؟ فَيقُولُونَ: تَرَكْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ، وَأتَيْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ». متفقٌ عَلَيْهِ.

Artinya: "Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu ia berkata: Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: Para malaikat di malam dan siang hari silih berganti mengawasi kalian, dan mereka berkumpul pada saat Sholat Subuh dan Sholat Ashar, kemudian para malaikat yang mengawasi kalian semalam suntuk naik (ke langit). Lalu Allah menanyakan kepada mereka –padahal Dia lebih mengetahui dari mereka: Dalam keadaan apakah kalian tinggalkan hamba-hamba-Ku? Mereka menjawab: Kami tinggalkan mereka dalam keadaan mengerjakan sholat, dan kami mendatangi mereka juga dalam keadaan mengerjakan sholat." (HR Bukhari dan Muslim)

Nah, kesimpulan yang bisa diambil dari riwayat hadits itu adalah sebagai berikut:

1. Allah Subhanahu wa Ta'ala menciptakan malaikat dengan jumlah yang banyak dan dengan berbagai macam tugas yang diberikan kepada mereka.

Di antaranya adalah adanya dua malaikat yang bertugas mengawasi dan menjaga manusia 24 jam full secara bergiliran dan keduanya bertemu di waktu subuh dan ashar.

2. Lalu Sholat Subuh dan Ashar karena kedua waktu tersebut merupakan waktu pelaporan amal setiap hamba kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

3. Para ulama menyimpulkan amalan manusia dilaporkan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala secara berkala. Harian yaitu di waktu subuh dan ashar sebagaimana yang telah disebutkan hadits sebelumnya. Pekanan yakni setiap hari Senin dan Kamis. Tahunan yaitu ketika di bulan Syaban.

Wallahu a'lam bisshawab.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut