Logo Network
Network

Banjir Melanda Jatinangor Sumedang, Empat Desa Terendam

Binti Mufarida
.
Minggu, 26 Desember 2021 | 13:38 WIB
Banjir Melanda Jatinangor Sumedang, Empat Desa Terendam
Ilustrasi banjir (Foto: dok Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Banjir merendam wilayah Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Jumat (24/12/2021) pukul 17.00 WIB.

Pit. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanan BNPB, Abdul Muhari mengungkapkan kali ini banjir melanda 4 desa di Kecamatan Jatinangor.

“Peristiwa ini terjadi setelah hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang mengguyur wilayah tersebut,” katanya dalam keterangan yang diterima, Sabtu (25/12/2021).

BPBD Kabupaten Sumedang mengidentifikasi debit air hujan mengalir dari bagian hulu di kawasan Gunung Manglayang di sisi utara, kemudian menuju ke kawasan Jatinangor yang berada di sisi selatan.

Keempat desa yang dilanda banjir pada kawasan tesebut antara lain Desa Cipacing, Cileles, Cikeruh dan Sayang.

Banjir mengakibatkan sejumlah bangunan terdampak, yaitu rumah 44 unit, tempat ibadah dan pondok pesantren masing-masing 1 unit. BPBD setempat masih melakukan terhadap jumlah keluarga terdampak peristiwa ini. Tidak ada korban jiwa atau pun warga mengungsi saat kejadian ini berlangsung. 

Merespons dua kejadian di Jember dan Sumedang tersebut, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk tetap waspada dan siaga. Dalam menghadapi angin kencang yang dapat terjadi saat hujan lebat, langkah-langkah pencegahan dilakukan sejak dini, seperti memangkas ranting-ranting pohon di sekitar rumah atau di ruang publik.

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini