get app
inews
Aa Read Next : Wow! Ternyata Segini Gaji Ahok sebagai Komisaris Utama Pertamina

Direktur Pertamina Dicopot usai Insiden Kebakaran Depo BBM Plumpang, Berikut Faktanya

Minggu, 12 Maret 2023 | 09:06 WIB
header img
Direktur Pertamina Dicopot Usai Insiden Kebakaran Depo BBM Plumpang, Berikut Faktanya. (Foto: dok iNews.id)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina (Persero), Dedi Sunardi dicopot oleh pemegang saham setelah terjadi kebakaran di Terminal BBM Pertamina Plumpang, Jakarta Utara pada Jumat (3/3/2023) malam.

VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso  mengkonfirmasi adanya pencopotan direksi di Pertamina.

Keputusan Menteri BUMN Rapat Umum Pemegang Saham PT Pertamina (Persero) nomor SK - 43/MBU/03/2023 tanggal 8 Maret 2023 memutuskan untuk memberhentikan anggota direksi PT Pertamina (Persero), sesuai dengan kejadian kebakaran Terminal BBM Pertamina di Plumpang, Jakarta Utara.

Berikut ini adalah fakta-fakta mengenai pencopotan direksi Pertamina terkait kasus kebakaran Depo BBM Plumpang, yang dirangkum oleh iNewsBekasi pada Minggu (12/3/2023).

1. Dedi Sunardi telah dicopot dari posisinya

Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina (Persero) yaitu Dedi Sunardi diberhentikan oleh Kementerian BUMN menyusul kebakaran Terminal BBM Pertamina di Plumpang, Jakarta Utara, pada Jumat (3/3/2023) malam. 

VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso membenarkan bahwa terjadi pencopotan direksi Pertamina. 

Keputusan ini sesuai dengan rapat umum pemegang saham perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina nomor SK-43/MBU/03/2023 tentang pemberhentian anggota direksi perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina, tanggal 8 Maret 2023.

2. Nasib Direktur Utama

VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menegaskan bahwa PT Pertamina (Persero) membantah kabar isu terkait Direktur Utama, Nicke Widyawati, dicopot usai insiden kebakaran Terminal BBM Pertamina di Plumpang.

3. Erick Thohir tak segan

Erick Thohir tak segan  mencopot Direksi Pertamina apabila tidak terjadi perbaikan sistem health, safety, security, and environment (HSSE) atau risiko bisnis perusahaan. 

Pernyataan tersebut muncul setelah kebakaran hebat terjadi di Depo Plumpang Pertamina di Jakarta Utara. Namun, Erick menyatakan bahwa pencopotan Direksi BUMN Migas tersebut bukanlah solusi utama.

4. Posisi Dedi Sunardi akan digantikan oleh Erry Widiastono

Sementara ini, posisi Direktur Penunjang Bisnis di Pertamina akan dipegang oleh Direktur Logistik & Infrastruktur Pertamina, Erry Widiastono. 

Hal ini diumumkan oleh Wakil Menteri BUMN I, Pahala Nugraha Mansury pada Rabu (8/3/2023), setelah Dedi Sunardi dicopot dari jabatannya. Erry Widiastono akan merangkap posisi ini sampai dengan diangkatnya Direktur Penunjang Bisnis yang baru.

5. Dedi memiliki pengalaman yang panjang di sektor keuangan

Dedi Sunardi ternyata memiliki pengalaman panjang selama 32 tahun berkarier di sektor keuangan, khususnya di perbankan dan asuransi, sebelum ditunjuk oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, untuk menjabat sebagai Direktur Penunjang Bisnis Pertamina.

6. Susunan terbaru Direksi PT Pertamina (Persero)

Susunan terbaru Direksi PT Pertamina (Persero) adalah sebagai berikut:

  • Direktur Utama: Nicke Widyawati
  • Direktur Keuangan: Emma Sri Martini
  • Direktur Sumber Daya Manusia: M Erry Sugiharto
  • Direktur Logistik & Infrastruktur: Erry Widiastono
  • Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha: Atep Salyadi Dariah Saputra

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut