get app
inews
Aa Read Next : 2 Kali Rugikan Indonesia! Wasit VAR asal Thailand Kembali Bertugas di Laga Garuda Muda vs Irak

Sederet Negara Terbaik untuk Nikmati Masa Pensiun 2023, Ada Thailand dan Portugal

Senin, 13 Maret 2023 | 12:27 WIB
header img
Italia menjadi salah satu negara terbaik untuk nikmati masa pensiun. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Ada sejumlah negara terbaik untuk nikmati masa pensiun. Seperti diketahui, saat seseorang pensiun mereka memilih untuk menetap do kampung sembari menikmati hari tua.

Akan tetapi, ada pula orang-orang yang memilih menghabiskan masa pensiunnya dengan berkeliling dunia. Ketika ke luar negeri tentunya terdapat beberapa hal yang perlu diingat untuk dijadikan tempat tinggal supaya Anda dapat melakukan aktivitas dengan menyenangkan.

International Living secara resmi menyusun Indeks Pensiun Global Tahunan 2023 mereka membantu Anda mengetahui negara mana yang sesuai dengan keinginan serta kebutuhan Anda.

Laporan itu pun adalah gabungan dari pengalaman kehidupan nyata. Lantas, apa saja negara terbaik untuk nikmati masa pensiun? Berikut informasinya, seperti dilansir dari Okezone.

Negara Terbaik untuk Nikmati Masa Pensiun

1. Panama

Negara terbaik untuk nikmati masa pensiun di urutan pertama ada Panama. Negara ini  begitu ideal bagi orang yang mau pindah dengan mudah dan harga terjangkau. Panma juga punya banyak komunitas pensiunan yang berbeda dan pendatang baru bisa mengalami kehidupan kota yang ramai, serta ketenangan pegunungan dan hutan hujan.

"Anda juga bisa mendapatkan diskon dari berbagai penyedia layanan kesehatan dan memanfaatkan visa pensiunan negara," ujar Lewis.

Menurut laporan tersebut, visa pensiun membuat langkah mulus nila Anda memiliki pensiun minimal USD1.000 (Rp15 jutaan) per bulan. Apabila Anda tidak ingin tinggal secara permanen, Panama punya opsi untuk visa telework sementara yang berlaku hingga 18 bulan.

2. Meksiko

Selanjutnya ada Meksiko. Negara besar dan modern yang dekat dengan AS ini menawarkan program Instituto Nacional de las Personas Adultas Mayores (INAPAM). Program itu memberikan manfaat untuk mereka yang memegang visa tinggal yang sah untuk Meksiko.

"Dengan kartu keanggotaan INAPAM, Anda dapat memanfaatkan diskon untuk berbagai layanan seperti layanan terkait kesehatan, kegiatan budaya, transportasi, dan akomodasi dan diskon ini berkisar antara 5 hingga 50 persen dari harga penuh barang atau layanan," kata penulis perjalanan untuk PointsPanda, Sam Helmy.

Kota ini juga terkenal dengan Laguna Tujuh Warnanya, hamparan air tawar berwarna biru elektrik sepanjang 26 mil yang membuat kota ini dijuluki "Maladewa Meksiko".

3. Portugal

Portugal dianggap menjadi negara paling aman untuk hidup dan penduduknya punya akses publik dan swasta untuk kesehatan. Pajak properti relatif rendah dan jika Anda ingin memiliki rumah atau sebidang tanah, harganya pun murah.

Lewis menuturkan negara ini terkenal dengan kota-kota bersejarah, penduduk setempat yang sangat ramah serta arsitektur yang menakjubkan.

"Portugal adalah pilihan yang sangat baik bagi mereka yang mencari gaya hidup santai," ucapnya.

Selain itu, Portuga tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu di luar lantaran iklim sejuk yang bertahan sepanjang tahun. Anda akan benar-benar mendapatkan hasil maksimal dari masa pensiun Anda jika Anda berakhir di Portugal.

4. Spanyol

Jika Anda sedang mencari tempat yang bisa memberi Anda kualitas hidup yang tinggi tanpa biaya hidup yang tinggi, Spanyol dapat jadi pilihan. Walau harga telah meningkat dalam dekade terakhir, Spanyol tetap jadi salah satu negara termurah di Eropa Barat.

Mereka yang mencari kota besar namun ingin menekan biaya hidup, harus mengunjungi kota pesisir Valencia, Alicante dan Malaga, ujar Patricia Palacios, salah satu pendiri España Guide, kepada Best Life.

Kota dan desa yang lebih kecil merupakan alternatif yang lebih murah, namun di mana pun Anda memutuskan untuk menelepon ke rumah, Anda bakal merasa disambut berkat fokus Spanyol pada generasi yang lebih tua.

Masakan Spanyol adalah bonus lain untuk memilih pensiun di sini. Pasalnya Spanyol banyak memproduksi buah-buahan dan sayuran untuk konsumsi lokal dan ekspor ke seluruh Eropa. Ikan segar dan makanan laut juga tidak mahal dan tersedia karena Spanyol berada tepat di pesisir pantai.

5. Kosta Rika

Orang-orang yang tinggal di Kosta Rika cenderung lebih santai dan bebas dari rasa khawatir karena rasa kebersamaan yang tinggi dan laju kehidupan yang lebih lambat, serta wisatawan dan ekspatriat dari seluruh dunia berduyun-duyun ke negara ini untuk menemukan keajaiban Kosta Rika versi mereka sendiri.

"Kosta Rika, secara umum, adalah lokasi pensiun yang ideal, karena biaya hidup yang relatif rendah dan reputasinya sebagai negara teraman di Amerika Tengah," ujar blogger perjalanan di balik Uprooted Traveler, Jessica Schmit.

Negara itu sendiri penuh dengan satwa liar, pemandangan indah, dan situs bersejarah. Jika Anda penggemar alam luar, Anda bisa berkayak atau mendaki agar tetap aktif dan sehat. Banyak ekspatriat senang mengenal penduduk setempat dengan belajar memasak masakan khas Kosta Rika dan mempelajari semua seni pribumi.

6. Ekuador

Terkenal sebagai tujuan wisata berkat Kepulauan Galapagos, Ekuador pun kerap tercatat sebagai lokasi teratas untuk pensiun. Warga Ekuador berkembang dengan cara hidup yang tenang dan Anda akan segera diterima di komunitas tersebut.

Selain itu, mencari apartemen tidak akan jadi pengalaman yang menegangkan, Anda bisa dengan mudah hidup di bawah USD2.000 (Rp30 jutaan) sebulan di banyak tempat di seluruh negeri.

Negara ini menawarkan perpaduan pegunungan dan pantai. Anda bakal selalu punya pemandangan yang menakjubkan.

"Ekuador juga merupakan rumah bagi beberapa ekosistem paling beragam di dunia, menjadikannya tempat yang bagus untuk menjelajahi dan menemukan alam," kata Lewis.

7. Thailand

Berikutnya Thailand. Negara tetangga Indonesia yang sama-sama berada di wilayah Asia Tenggara ini punya tempat untuk menjelajah pantai yang indah dan pengalaman kota baru.

Ada juga komunitas ekspatriat yang kuat dengan penduduk dari seluruh dunia yang akan menyambut Anda dengan tangan terbuka.

Di Thailand, Anda bakal menikmati berbagai kuliner khas dengan cita rasa masakan rumahan dan pastinya memiliki rasa lezat.

8. Prancis

Prancis adalah pilihan tepat bagi mereka yang ingin menikmati gaya hidup lebih mewah tanpa melebihi anggaran. Anda akan dapat membenamkan diri di tempat yang penuh kecanggihan, sambil bersantai dan menjelajah sepuasnya.

Perpaduan kekayaan budaya dan sejarah di kota-kota seperti Paris dengan suasana santai pedesaan di Selatan, pada akhirnya menjadi tempat peristirahatan yang luar biasa.

9. Italia

Italia juga masuk deretan negara yang bagus untuk menghabiskan masa pensiunan. Negara ini memiliki sejarah yang cukup banyak, pemandangan kota yang indah, dan makanan lezat di setiap daerahnya.

10. Yunani

Tak mengherankan jika Yunani, dengan sejarahnya yang luas, masakan unik, dan keindahan alamnya, adalah salah satu tempat teratas bagi orang untuk pensiun.

Yunani bukanlah negara berpenduduk besar, tetapi merupakan tempat yang populer bagi manula. Anda mungkin akan melihat pria yang lebih tua bermain kartu di depan kedai kopi dan wanita keluar dan mengobrol di depan etalase.

Harga real estat sekitar setengah dari harga di di AS dan Anda juga akan mendapatkan manfaat kesehatan yang berkualitas. Jika Anda penggemar sejarah, ada banyak hal yang ditawarkan di tempat ini.

Itulah sederet negara terbaik untuk menikmati masa pensiun 2023. Jadi, Anda tertarik berkunjung ke negara mana, nih?

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut