get app
inews
Aa Read Next : Cegah Aksi Kejahatan, Polsek Cikarang Barat Cek Rumah Kosong yang Ditinggal Mudik Lebaran

Rute Mudik Lebaran 2023 Via Pantura: Wilayah yang Sering Menjadi Titik Kemacetan

Jum'at, 14 April 2023 | 05:59 WIB
header img
Rute Mudik Lebaran 2023 Via Pantura: Wilayah yang Sering Menjadi Titik Kemacetan. (Foto: Fatiha Eros Perdana/Net Bekasi)

BEKASI, iNewsBekasi.id - Bagi mereka yang tetap ingin mudik menggunakan sepeda motor, jalur Pantura seringkali menjadi pilihan favorit. Di sini kami sajikan rute mudik Lebaran 2023 bagi pengendara sepeda motor yang ingin melalui jalur Pantai Utara.

Rute mudik Pantura umumnya menjadi pilihan utama bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor karena jalur ini sering digunakan sebagai akses utama bagi mereka yang hendak menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Jalur Pantura sebagai jalur mudik menghubungkan lima provinsi, termasuk Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Menyusuri beberapa kota selama perjalanan, tak heran jalur ini menjadi favorit pemudik.

Jika diikuti, inilah rute yang dilalui para pemudik melintasi jalur Pantura pada mudik Lebaran 2023 nanti:

Rute yang akan dilewati oleh para pemudik yang melewati jalur Pantura saat mudik Lebaran 2023 yaitu Jakarta-Cilegon-Tangerang-Bekasi-Karawang-Cikampek-Subang-Indramayu-Cirebon-Brebes-Tegal-Pemalang-Pekalongan-Batang-Kendal-Semarang-Demak-Kudus-Pati-Rembang-Tuban-Lamongan-Gresik-Surabaya-Sidoarjo-Pasuruan-Probolinggo-Situbondo-Banyuwangi.

Jalur Pantura kerap dijadikan pilihan alternatif saat tol Cipali macet. Untuk mudik Lebaran 2023, terdapat lima jalur yang dapat dilalui, termasuk Pantura, Pansela (Pantai Selatan), tol trans Jawa, jalur tengah Jawa, dan jalur Selatan.

Wilayah Brangsong-Weleri

Kemacetan di wilayah ini biasanya terjadi sebelum memasuki jalan lingkar wilayah Weleri. Kapasitas jalan Brangsong hingga daerah Patebon masih kurang, sehingga menyebabkan tumpukan kendaraan pemudik dan kemacetan yang sering terjadi.

Pasar Tegal Gubug dan Mundu Pesisir

Pada saat melewati wilayah Cirebon, pasar Sandang Tegal Gubug dan Mundu Pesisir sering menjadi titik kemacetan terutama pada sore hari menjelang waktu berbuka puasa dan tutupnya pasar. Hal ini dikarenakan banyak pedagang yang membuka dagangannya di tepi jalan Pantura sehingga mengakibatkan jalan menjadi lebih sempit dan terjadi kemacetan.

Selain itu, pasar Gebang dan Palimanan juga kerap menjadi daerah kemacetan.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut