Logo Network
Network

Mampu Mendatangkan Rahmat, Ini Fadhilah Membaca Sholawat Shallallahu 'Ala Muhammad

Rusman H Siregar
.
Jum'at, 14 Januari 2022 | 07:10 WIB
Mampu Mendatangkan Rahmat, Ini Fadhilah Membaca Sholawat Shallallahu 'Ala Muhammad
Keutamaan Membaca Sholawat Shallallahu 'Ala Muhammad. (Foto: SINDONews)

JAKARTA, iNews.id - Sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. (QS Al-Ahzab: 56) 

Untuk diketahui, Sholawat dari Allah adalah rahmat dan pujian baginya. Sholawat Malaikat adalah doa dan pujian baginya. Sedangkan sholawat orang-orang beriman kepada Rasulullah adalah pujian dan doa agar Allah meninggikan derajatnya dan menambah kemuliaannya. 

Imam Asy-Sya'rony berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah bersabda:

‎من قال هذه الصلاة فقد فتح على نفسه سبعين بابا من الرحمة وألقى الله محبته في قلوب الناس فلا يبغضه إلا من في قلبه نفاق 

Artinya: "Barang siapa mengucapkan sholawat ini (shallallahu 'alaa Muhammad) maka sugguh telah membuka 70 rahmat untuk dirinya dan Allah menjadikanya dicinta dalam hati manusia hingga tidak ada yang membencinya kecuali hanya orang yang dihatinya terdapat kemunafikan" 

Syekh Ali Al-Khowas berkata: "Hadis ini dan hadis sebelumnya kami riwayatkan dari sebagian 'Arifin dari Nabi Khidir dari Rasulullah SAW. Kedua hadis itu bagi kami tergolong sahih dengan derajat kesahihan tertinggi walupun tidak ditetapkan oleh para ulama ahli hadis sesuai dengan istilah mereka. 

Yang dimaksud hadis sebelumnya adalah sabda Nabi berikut:

أقرب ما يكون أحدكم مني إذا ذكرني وصلى علي 

Artinya: "Keadaan terdekat seseorang kepadaku adalah saat ia mengingatku dan bersholawat kepadaku." 

Riwayat di atas sesuai dengan perkataan Imam Assamarqandi: "Aku mendengar Nabi Khidhir dan Nabi Ilyas berkata: Kami mendengar Rasulullah bersabda:

‎ما من مؤمن يقول صلى الله على محمد إلا أحبه الناس وإن كانوا أبغضوه والله لا يحبونه حتى يحبه الله عز وجل 

Artinya: "Tiada seorang mukmin yang membaca Shallallahu 'ala Muhammad kecuali akan dicintai para manusia walaupun sebelumnya mereka membencinya. Demi Allah, mereka tidak mencintainya kecuali karena Allah mencintainya". 

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini