get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Puasa Tasua dan Asyura 2023 Lengkap dengan Bacaan Niatnya

Niat Puasa 1 Muharram 2023 Lengkap dengan Arab, Latin, Arti, Ketentuan dan Tata Cara

Selasa, 18 Juli 2023 | 09:09 WIB
header img
Ilustrasi puasa 1 Muharram 2023. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Niat puasa 1 Muharram 2023 lengkap dengan Arab, latin ketentuan dan tata caranya. Muharram jadi salah satu bulan yang sangat mulia atau suci.

Kemuliaan Muharram seperti dijelaskan dalam riwayat dari Abu Bakrah radhiallahu'anhu, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا ، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

"Sesungguhnya zaman berputar sebagaimana ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun ada 12 bulan. Di antaranya ada 4 bulan haram (suci), 3 bulan berurutan: Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharam, kemudian bulan Rajab Suku Mudhar, antara Jumadi Tsani dan Sya'ban." (HR Bukhari dan Muslim)

Tanggal 1 Muharram 1445 Hijriah akan bertepatan dengan 19 Juli 2023. Pada Tahun Baru Islam ini kaum Muslimin biasanya melakukan puasa.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menganjurkan umat Islam banyak berpuasa pada bulan Muharram. Beliau bersabda:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

"Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah –Muharram. Sementara sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat malam." (HR Muslim nomor 1163, dari Abu Hurairah) 

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut