get app
inews
Aa Read Next : Mulai Pulih, Lady Nayoan Bersyukur Dirinya Bisa Selamat dari Maut: Semua Ini Mukjizat Tuhan

Rafael Tan Ungkap Bahagia Lahir di Keluarga Beda Agama: Pagi Gereja, Siang ke Wihara, Sore Salat

Sabtu, 22 Juli 2023 | 11:48 WIB
header img
Rafael Tan. Foto: Okezone

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Rafael Tan jadi salah satu artis yang menjunjung tinggi toleransi beragama. Sebab, pemilik nama asli Raael Landry Tanubrata ini lahir dalam keluarga yang berbeda agama.

Uniknya, tak hanya dia yang berbeda agama dari kedua orang tuanya. Namun, Ayah dan ibunya juga diketahui menganut agama berbeda sampai ketika kecil dirinya pernah beribadah di tiga tempat berbeda.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Rafael saat menjadi bintang tamu di akun YouTube Denny Sumargo. Dalam videonya, Rafael menyebut jika ayahnya Jhony Tanubrata merupakan seorang muslim, sedangkan ibunya, Nila Setiawan menganut agama Buddha.

"Dulu tuh pas nyokap sama bokap married, agama mereka Buddha dua-duanya. Dua tahun gue lahir, bokap pindah ke Muslim, nyokap tetep Buddha," ujar Rafael Tan di kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo.

Menariknya, saat personel SM*SH ini berusia tiga tahun, ia pernah dibawa ke Gereja. Sebab, saat masih tinggal di Garut, Jawa Barat, orang tuanya sulit menemukan tempat les vokal, agar bakat yang dimilikinya bisa terasah.

"Karena Garut kota kecil enggak ada (les musik), terus temen bokap gue bilang, 'Ci, bawa ke gereja aja'," jelasnya.

Rupanya, dari Gereja itulah pria 36 tahun ini akhirnya mengenal Kristen sampai akhirnya ia memutuskan untuk menganut agama tersebut. Sehingga, ia pun hidup dengan tiga agama sekaligus dalam keluarganya, Kristen, Buddha dan Islam.

Namun, pelantun I Heart You ini mengaku sama sekali tak risih dengan hal tersebut. Dia justru bahagia bisa menjalani aktivitas di tiga agama yang berbeda hingga memiliki atribut untuk menjalankan ibadah salah, seperti sarung, peci hingga sajadah sendiri.

"Gue gak kepikiran gitu (resah). Gue kayak happy gitu. Pagi-pagi nih gue diajak ke gereja sampai jam 10, terus siang gue diajak ke wihara sama nyokap, nah sore nya gue diajak salat sama papa," paparnya.

"Gue bahkan punya sajadah sendiri, peci sendiri, sarung sendiri. Shalat barengan sama bokap. Nah siang-siang sembahyang di depan Dewi Kwan Im," tandasnya.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut