get app
inews
Aa Read Next : Kebakaran Rumah di Jatiasih Tewaskan 2 Kakak Beradik

8 Kapal Nelayan Terbakar di Pelabuhan Nizam Zachman Muara Baru, 17 Unit Damkar Dikerahkan

Selasa, 05 September 2023 | 11:01 WIB
header img
8 kapal nelayan terbakar di Pelabuhan Nizam Zachman Muara Baru. Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - Kebakaran terjadi di Dermaga Barat, Pelabuhan Nizam Zachman, Muara Baru, Jakarta Utara, pada Selasa (5/9/2023) dini hari. Sekitar delapan kapal nelayan yang bersandar terbakar habis dalam peristiwa ini.

Eko Mahendro, Perwira Piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, mengungkapkan bahwa dia menerima informasi tentang kebakaran tersebut dari warga yang melaporkannya di depan Kantor Syahbandar Pelabuhan Muara Baru.

Sebanyak 17 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) segera dikerahkan untuk memadamkan api.

"Inciden kebakaran ini terjadi di Dermaga Barat, Muara Baru, berdekatan dengan Kantor Syahbandar, yang merupakan tempat bersandarnya banyak kapal. Kami segera mengirimkan 17 unit damkar beserta perlengkapan pendukungnya," kata Eko saat diwawancarai.

Eko menjelaskan bahwa berdasarkan informasi dari warga setempat, kebakaran bermula dari dua kapal yang bersandar. Api dengan cepat merambat ke beberapa kapal di sekitarnya.

"Perkembangan api sangat cepat, dimulai dari dua kapal dan dengan cepat menyebar ke empat kapal, enam kapal, hingga menghanguskan delapan kapal," ungkapnya.

Eko juga menyatakan bahwa polisi masih melakukan penyelidikan terkait peristiwa ini. Petugas pemadam kebakaran sempat mengalami kesulitan karena jarak yang cukup jauh antara kapal-kapal yang terbakar dengan dermaga.

"Dugaan sementara tentang penyebab kebakaran masih belum jelas, tetapi upaya pemadaman masih terus dilakukan pada kapal-kapal yang terkena dampak. Kendala utama kami adalah jarak yang cukup jauh antara kapal-kapal ini dengan dermaga," tambahnya.
 

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut