get app
inews
Aa Read Next : Alami Gangguan Kamtibmas, Kapolsek Cikarang Barat Sebar Nomor Hotline Kepolisian

10 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia, Bekasi Salah Satunya

Jum'at, 13 Oktober 2023 | 14:11 WIB
header img
Kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia salah satunya di Kota Bekasi. Kota-kota besar di Indonesia selalu menjadi daya tarik orang, salah satunya Kota Bekasi. Foto: Dok

BEKASI, INewsBekasi.id - Kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia salah satunya di Kota Bekasi. Kota-kota besar di Indonesia selalu menjadi daya tarik orang karena sering kali menawarkan lebih banyak lapangan pekerjaan dengan  gaji yang lebih kompetitif. Selain itu, infrastrukturnya lebih baik. Dengan demikian, beberapa kota dikenal sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia karena kebutuhan hidup yang semakin meningkat.

Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia 

Ada banyak kota besar di Indonesia yang menjadi pusat bisnis, industri dan pemerintahan. Sebagian besar berstatus ibu kota, baik ibu kota negara maupun ibu kota provinsi, dan berstatus sebagai  kota metropolitan.

1. DKI Jakarta 

Sebagai ibu kota negara, tidak herankan jika Jakarta menduduki peringkat pertama  kota dengan biaya hidup termahal. Rata-rata pengeluaran per kapita di Jakarta  sebesar Rp4.446.770. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi perekonomian Jakarta yang mengalami pertumbuhan pesat sebagai pusat bisnis. Banyak perusahaan multinasional yang berkantor Jakarta. Selain itu, kepadatan penduduk  Jakarta menyebabkan peningkatan permintaan.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi Jakarta yang  pesat juga  mempengaruhi  upah, harga real estat, dan biaya hidup.

2. Surabaya 

Surabaya merupakan kota dengan biaya hidup tertinggi kedua di Indonesia. Rata-rata pengeluaran penduduknya sebesar Rp4.240.902 per kapita. Sedangkan rata-rata pengeluaran rumah tangga sebesar Rp16.115.429.

3. Bekasi 

Bekasi memang bukan ibu kota provinsi seperti Jakarta dan Surabaya, namun kota ini menempati posisi ke 3 sebagai kota dengan biaya hidup termahal karena memiliki  kawasan industri besar dan menjadi daya tarik bagi sebagian warga di wilayah tersebut untuk mencari peruntungan. 
Bekasi juga memiliki upah minimum kota tertinggi di Jawa Barat, senilai Rp4,8 juta. Meski  UMK tinggi, namun Bekasi menjadi kota dengan biaya hidup tertinggi. Total  pengeluaran per kapita di Bekasi  sebesar Rp4.119.168. Sedangkan rata-rata total  pengeluaran rumah tangga sebesar Rp16.888.582

4. Depok 

Depok tidak memiliki kawasan industri namun banyak perusahaan asing yang beroperasi di sana. Nurmahmudi Ismail, Wali Kota Depok periode 2006 hingga 2016, pernah mengatakan, perputaran uang di daerah ini pada tahun 2013 mencapai Rp 4 triliun per tahun.

Industri properti di Depok karena harga properti disana berkembang pesat. Total  pengeluaran per kapita sebesar Rp3.424.560. Sedangkan rata-rata total  pengeluaran rumah tangga sebesar Rp13.355.784. Depok termasuk kota alternatif, banyak orang berpindah dari Jakarta ke Depok untuk mencari peruntungan baru.

5. Semarang 

Terkenal dengan julukan “Kota Lumpia”, total  pengeluaran per kapita di Semarang mencapai Rp3.257.315. Sedangkan rata-rata total  pengeluaran rumah tangga sebesar Rp13.680.725.  

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut