get app
inews
Aa Read Next : Tips Mengurangi Penyimpanan Whatsapp di HP Android

Kenapa Tidak Bisa Mengirim Video di WhatsApp?

Selasa, 21 November 2023 | 16:09 WIB
header img
Kenapa tidak bisa mengirim video di WhatsApp? Foto: Dok

BEKASI, INewsBekasi.id - Kenapa tidak bisa mengirim video di WhatsApp? Salah satu pertanyaan yang sering pengguna WhatsApp ajukan.  Video yang tidak dapat terkirim salah satu penyebabnya karena file video yang Anda kirim memiliki cache yang cukup besar untuk server WhatsApp

Hal ini biasanya tidak menjadi masalah karena WhatsApp biasanya mengompresi file secara otomatis, namun jika file yang dikirim terlalu besar, Anda akan mendapat pesan error yang mengatakan "Video ini tidak dapat dikirim silakan coba video lain silakan tentukan pilihan''. Selain itu, ada faktor lain yang dapat menghambat video terkirim, seperti koneksi jaringan yang buruk, yang dapat memengaruhi media WhatsApp.

Cara Mengatasi Video yang Tidak Bisa Terkirim 

  • Pastikan Koneksi Internet Lancar

Pertama, pastikan koneksi internet Anda tidak ada masalah, baik saat menggunakan kuota maupun hotspot di lokasi Anda. Jika jaringan internet Anda mempunyai masalah, silakan periksa kembali kuota Anda. Jika Anda menggunakan hotspot, coba mulai ulang router Anda atau hubungi provider internet.

WhatsApp menggunakan memori internal tidak hanya untuk menyimpan file tetapi juga  untuk menyimpan cache. 

Cache adalah data sementara yang terakumulasi seiring berjalannya waktu jika tidak sering dibersihkan. Karena cache ini tidak hanya dihasilkan oleh aplikasi WhatsApp saja, namun juga oleh aplikasi lain, maka dipastikan memori akan cepat terisi dan kinerja HP Anda akan lemot.

Menghapus cache WhatsApp bisa dengan menghapus pesan yang tidak penting, baik chat kontak maupun grup, terutama grup yang aktif.

  • Memperbarui WhatsApp

Apabila whatsapp Anda tidak segera di update maka akan menimbulkan masalah, apalagi jika versinya terlalu lama. Jika Anda tidak bisa lagi  membuka atau mengirim video, gambar, GIF, atau file lainnya, langkah pertama yang bisa Anda coba adalah memperbarui aplikasinya.

Buka google playstore dan perbarui whatsapp. Kemudian coba kirim kembali foto atau video tersebut melalui WhatsApp.

  • Gunakan WhatsApp di Laptop

Ini adalah solusi terakhir. Jika file yang ingin Anda kirim sangat penting dan perlu dikirim secepatnya, solusi mudahnya adalah dengan menggunakan WhatsApp Desktop atau WhatsApp Web. Anda memerlukan laptop atau PC dengan koneksi internet untuk membukanya.

Itulah informasi terkait kenapa tidak bisa mengirim video di WhatsApp dan cara mengatasinya.

 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut