get app
inews
Aa Read Next : Cara Hapus History Safari di iPhone

Penyebab Memori HP Android Cepat Penuh, Begini Cara Mengatasinya

Rabu, 15 November 2023 | 15:46 WIB
header img
Penyebab memori HP android cepat penuh salah satunya karena memori internal rendah atau pop up ruang penyimpanan rendah. (Foto: CNET)

BEKASI, INewsBekasi.id - Penyebab memori HP android cepat penuh salah satunya karena memori internal rendah atau pop up ruang penyimpanan rendah. Seringkali pemilik HP tidak menyadari hal ini atau mengabaikannya begitu saja dan pada akhirnya akan menghambat aktivitas penggunaan HP atau mengalami kendala seperti aplikasi  bergerak lebih lambat, tidak dapat menyimpan foto dan video, tidak dapat menerima pesan dan lain-lain.

Oleh karena itu, proses mengosongkan memori internal sangat diperlukan agar kinerja HP bisa lebih optimal dan tidak terasa lambat karena padatnya file di dalamnya.

Penyebab Memori HP Android Cepat Penuh 

  • Cache yang Tidak Dihapus 

Hal pertama penyebab memori HP Android cepat Penuh karena banyaknya cache yang tidak dihapus. Cache berfungsi untuk menyimpan data yang dapat digunakan satu waktu bila diperlukan dan penyajian yang lebih cepat. Namun cache sendiri dapat menyimpan data yang tidak diperlukan oleh pengguna sehingga memungkinkan menghabiskan ruang penyimpanan tanpa disadari

  • Terdapat Aplikasi yang Jarang Digunakan dan Tidak Bisa Dihapus 

Beberapa aplikasi memang bawaan dari HP sehingga tidak dapat dihapus oleh setiap pengguna. Meski tidak bisa dihapus, pengguna tetap bisa menonaktifkan aplikasi tersebut, maka aktivitas yang berjalan di latar belakang akan berhenti dan mengurangi jumlah  memori internal yang digunakan. Selain itu, aplikasi yang dinonaktifkan dilindungi dari  pembaruan otomatis, sehingga akan menghemat ruang penyimpanan di memori internal.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut