get app
inews
Aa Read Next : Cara Membuat Akun Gmail di HP dan Laptop, Ikuti Langkah Mudah Berikut Ini di Sini!

Ciri-Ciri Laptop Terkena Virus dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 25 November 2023 | 16:32 WIB
header img
Ciri-ciri laptop terkena virus sangat mudah diidentifikasi. Meskipun keberadaan virus  tidak diharapkan, komputer bersentuhan langsung  dengan sistem operasi dan Internet. Foto: Ilustrasi

BEKASI, INewsBekasi.id - Ciri-ciri laptop terkena virus sangat mudah diidentifikasi. Meskipun keberadaan virus  tidak diharapkan, komputer bersentuhan langsung  dengan sistem operasi dan Internet.

Virus dan malware memang berpeluang untuk menyerang komputer Anda. Laptop yang terinfeksi virus dan  malware dapat menimbulkan risiko terhadap privasi dan keamanan pengguna.

Ciri-Ciri Laptop Terkena Virus 

  1. Kinerja Laptop Lambat 

Jika laptop memulai program dalam waktu yang cukup lama kemungkinan menandakan bahwa laptop anda telah terdeteksi virus. Pengguna dapat memeriksa memori RAM atau hard disk. Jika RAM atau hard disk Anda dalam kondisi buruk atau tidak berfungsi, dapat dipastikan bahwa virus memperlambat perangkat Anda.

  1. Ruang Penyimpanan Tiba-Tiba Penuh 

Virus bisa saja terdeteksi di komputer atau laptop Anda jika ruang penyimpanan tiba-tiba berkurang atau penuh. Ini menunjukkan bahwa virus tersebut menggandakan dirinya sendiri tanpa kita sadari. Malware dan virus diam-diam mengunduh file atau menginstal program di ruang penyimpanan Anda.

  1. Banyak Iklan (H3)

Ada jenis virus yang berbeda cara bekerjanya, seperti menampilkan iklan di laptop Anda. Malware jenis  ini biasanya menyerang melalui browser.

Iklan yang Anda lihat biasanya muncul secara paksa dan bahkan mengubah mesin pencari atau hasil pencarian  browser Anda. Virus berupa iklan jni biasanya hanya muncul ketika Anda terkoneksi dengan jaringan internet.

  1. Laptop Sering Mati Mendadak 

Kasus seperti ini biasanya terjadi ketika virus sudabmenyebar. Laptop mengalami hang atau freeze disebabkan oleh virus maka laptop akan tiba-tiba berhenti atau restart. Selain itu, suhu laptop Anda lebih tinggi dari biasanya.

  1. File Tiba-Tiba Hilang 

Serangan Ransomware sedang berkembang dalam kejahatan dunia maya. Cara kerja ransomware adalah mengunci file atau data di perangkat Anda dan meminta uang tebusan jika Anda ingin data Anda dibuka kembali.

Untuk mengantisipasi hal tersebut dengan mem-backup data penting secara berkala dan tidak perlu mengeluarkan uang sebagai tebusan.

Cara Mengatasi Laptop Terkena Virus 

  1. Pembaruan antivirus secara rutin karena biasanya mencakup perbaikan bug dan peningkatan keamanan terhadap virus terbaru
  2. Jangan gunakan sistem operasi versi bajakan karena  biasanya sistem operasi tersebut terinfeksi malware
  3. Selalu perbarui sistem operasi Anda ke yang terbaru, terutama jika Anda pengguna Windows, Mac OS, atau  Linux
  4. Selalu lakukan pemindaian saat menghubungkan flash disk atau hard disk eksternal
  5. Hindari mengunduh file dari website yang tidak jelas 

Itulah ciri-ciri laptop terkena virus. Penting bagi pengguna untuk mengetahui hal ini untuk segera mengatasinya.

 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut