get app
inews
Aa Read Next : Cara Mengaktifkan Mode Jangan Ganggu di WhatsApp

Tips Mengurangi Penyimpanan Whatsapp di HP Android

Jum'at, 01 Desember 2023 | 15:49 WIB
header img
Tips mengurangi penyimpanan whatsapp di HP android agar sistem HP Anda tidak berhenti tiba-tiba dikarenakan ruang penyimpanan file whatsapp sudah penuh. Foto: Dok

BEKASI, INewsBekasi.id - Tips mengurangi penyimpanan whatsapp di HP android agar sistem HP Anda tidak berhenti tiba-tiba dikarenakan ruang penyimpanan file whatsapp sudah penuh.

Penyimpanan WhatsApp terdiri dari penyimpanan internal dan penyimpanan eksternal tergantung pada jenis perangkat yang Anda gunakan. Penyimpanan internal adalah ruang penyimpanan yang disertakan dalam perangkat HP Anda.

Penyimpanan ini biasanya terbatas dan tidak dapat diperluas dengan menambahkan penyimpanan eksternal seperti memori bawaan. Sedangkan penyimpanan eksternal adalah ruang penyimpanan di luar perangkat, seperti SD card dan Google Drive.

Tips Mengurangi Penyimpanan Whatsapp di HP Android 

  1. Nonaktifkan Fitur Download Otomatis

Pada dasarnya, WhatsApp secara otomatis mengunduh foto dan video Anda melalui jaringan Wi-Fi atau data seluler. Namun, hal ini tidak hanya menghabiskan bandwidth internet pengguna, tetapi juga menghabiskan banyak memori seiring berjalannya waktu.

  • Buka "Pengaturan" dan klik titik tiga di sudut kanan atas
  • Kemudian pilih "Penggunaan Data" dan "Penyimpanan"
  • Pilih "Unduh Otomatis Media", di opsi tersebut Anda dapat mengubah preferensi unduh otomatis menjadi "Tidak Ada atau Hanya Foto"
  1. Hapus Cache pada WhatsApp

Cara lain agar memori tidak penuh  adalah dengan menghapus cache aplikasi WhatsApp. Ini adalah langkah alternatif jika Anda masih tidak dapat menyimpan ke penyimpanan internal. Pastikan untuk mencadangkan obrolan WhatsApp Anda sebelum menghapus cache dan data dari pengaturan ponsel Anda.

  1. Mengurangi Membuka WhatsApp Status

Tak jarang pula yang tertarik melihat berbagai unggahan status milik pengguna lain. Status whatsapp yang terlihat inilaj yang terunduh dan disimpan di memori internal ponsel. Hal ini pada akhirnya membuang lebih banyak penyimpanan.

Namun file whatsapp biasanya akan tersimpan di penyimpanan internal dalam waktu  sementara. Status WhatsApp  yang tersimpan di penyimpanan internal ponsel Anda akan terhapus dalam waktu 24 jam setelah diunduh. Namun selektiflah dalam menyimpan kontak whatsapp agar penyimpanan Anda tidak penuh dengan status whatsapp.

  1. Hapus file media berukuran besar 
  • Klik menu "Setting" > masuk ke bagian "Storage Data" > "Manage Storage"
  • File lebih dari 5 MB atau berukuran besar bisa dilihat di kategori larger than 5 MB 
  • Klik kategori tersebut untuk menyeleksi file mana saja yang kemungkinan tidak diperlukan
  • Atau dapat juga memilih semua file dengan menceklis kolom di sudut kanan atas layar

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut