get app
inews
Aa Read Next : Sahroni Apresiasi TNI-Polri soal Pengamanan Pemilu 2024

Gibran Gunakan 3 Mic saat Debat Cawapres, Ini Kata Roy Suryo

Sabtu, 23 Desember 2023 | 10:54 WIB
header img
Cawapres Gibran Rakabuming Raka menggunakan 3 mic sekaligus dalam debat cawapres tadi malam. Foto: X @KRMTRoySuryo1

Ada sejumlah momen yang mencuri perhatian selama berlangsungnya debat cawapres di Pilpres 2024 pada Jumat (22/12/2023) malam tadi. Salah satunya Cawapres Gibran Rakabuming Raka menggunakan 3 mic sekaligus dalam debat. 

Ketiganya yakni mic clip-on, hand-held, dan head-set dipergunakan Gibran. Pengamat telematika Roy Suryo mengkritik penggunaan 3 mic tersebut. 

"Kemarin sdh saya duga, Utk menghindari CHEATING, Sebaiknya next KPU ADIL. Kenapa si No 2 ini sampai gunakan 3 (TIGA) MIC sekaligus: 1. Clip-on, 2. Hand-held & 3. Head-set ? Apa gunanya juga ada EARPHONE ? SIAPA yg bisa FEEDING ke Telinganya? Mengapa 2 Calon yg lain BEDA ? AMBYAR," tulis Roy Suryo di akun X @KRMTRoySuryo1 dikutip Sabtu (23/12/2023). 

Dalam debat malam tadi ada juga momen mic Cak Imin jatuh saat momen tanya jawab dengan Gibran. Insiden itu terjadi saat Cak Imin mendengarkan jawaban Gibran atas pertanyaannya investasi di Solo. 

Baca: Mic Cak Imin Tetiba Jatuh saat Debat Cawapres, Gibran Senyum-senyum: Saya Tahu Arah Pertanyaannya Ini ke Mana

Awalnya Cak Imin terlihat menyimak setelah melempar pertanyaan ke Gibran soal bagaimana agar proyek-proyek besar bisa dibangun di daerah, seperti Solo di bawah kepemimpinan Gibran saat menjadi wali kota. Dengan begitu, kepala daerah lainnya bisa belajar dari Gibran. 

Gibran lalu menjawab dan menanggapi. Belum lama dia menjawab, mic di podium Cak Imin terjatuh. Cak Imin pun refleks langsung mengambilnya. 

Gibran yang saat itu sedang menjawab pertanyaan Cak Imin sempat gagal fokus. Dia terlihat senyum-senyum dan seperti menahan tawa karena insiden mic terjatuh tersebut. 

Ada juga momen saat Gibran menanyakan terkait ekonomi syariah global kepada Cak Imin dengan menggunakan istilah SGIE atau State of the Global Islamic Economy. SGIE kerap menjadi referensi terkait pengembangan ekonomi syariah dunia. 

Pertanyaan Jebakan Gibran untuk Cak Imin Namun, terkait pertanyaan yang diajukan Gibran, Cak Imin menjawab tidak pernah mendengar istilah SGIE tersebut. 

"Saya ga paham, SGIE apa? Saya tidak pernah mendengar istilah ini," ucap Cak Imin kepada Gibran.

Dikutip dari DinarStandard, State of the Global Islamic Economy atau SGIE merupakan laporan keadaan ekonomi syariah global yang dikeluarkan setiap tahun. 

Laporan ini terdiri dari berbagai sektor yang terkait dengan syariah seperti di bidang makanan, farmasi, kosmetik, fasyen, perjalanan, dan rekreasi. 

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut