get app
inews
Aa Read Next : Razia di Lapas Cikarang, Petugas Temukan Senjata Tajam hingga Korek Gas

Pj Bupati Bekasi Kunjungi Sumber Minyak Baru di Tambelang

Kamis, 28 Desember 2023 | 21:03 WIB
header img
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengunjungi sumur minyak milik Pertamina yang diberi nama East Pondok Aren (EPN-001) di Kecamatan Tambelang, Kabupaten Bekasi, pada Kamis (28/12/2023). Foto: Pemkab Bekasi/Istimewa

BEKASI, iNews.id- Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengunjungi sumur minyak milik Pertamina yang diberi nama East Pondok Aren (EPN-001) di Kecamatan Tambelang, Kabupaten Bekasi, pada Kamis (28/12/2023). Di tempat ini ditemukan cadangan minyak terbaru di sumur Tambelang.

"Alhamdulillah atas anugerah yang diberikan kepada Kabupaten Bekasi dan bangsa ini dengan ditemukannya cadangan minyak terbaru di sumur Tambelang ini." ungkap Dani.

Dani mengatakan, sumur minyak ini ke depannya menjadi tambahan pendapatan negara dan tambahan energi bahan bakar bagi masyarakat.

Meski begitu, lanjut Dani, usai ditemukannya sumber minyak bumi di wilayahnya untuk proses dilakukannya ekplorasi tetap masih butuh dipastikan kembali dari segi bentuk quiver dan candangan dari minyak tersebut. 

"Walaupun memang fiks ditemukan minyak tetapi dibutuhkan beberapa proses lagi pengeboran untuk memastikan bentuk quivernya dan cadangan," ujarnya.

"Ini kan baru satu titik, jadi perlu dipastikan lagi di beberapa titik lainnya bahwa ini memang cadangan seperti yang diperkirakan. Kemudian bentuk quiver di buminya seperti apa, apa ke bawah atau melebar ke samping." sambungnya.

Kemudian, selanjutnya dilakukan proses  pembangunan ekploitasi akan menyesuaikan seiring ditetapkan dari hasil pengujian Pertamina.

"Untuk bangunan proses ekploitasinya itu akan menyesuaikan dengan hasil pengujian lebih lanjut. Jadi masih dibutuhkan waktu sampai 2-3 tahun lagi sampai ke tahap eksplorasi. Karena prosedur nya masih beberapa tahap." ungkapnya.

Dani mengungkapkan untuk masyarakat sekitar yang terdampak dari ditemukannya sumber minyak di lingkungan kediaman warga sebelumnya kompensasi diberikan dengan cara spontan oleh pihak Pertamina.

"Sebenarnya kompensasi sifatnya spontan ada kegiatan yang menimbulkan dampak kepada masyarakat yang melewati ini merupakan ada keinginan dari masyarakat untuk diberikan kompensasi," katanya.

Dani menyampaikan dengan ditemukannya sumber minyak pihaknya sudah mendapatkan manfaat antara lain mendapatkan pelebaran jalan baru, pembangunan musala dan masyarakat yang notabenenya yatim-piatu telah diberikan santunan.

Ke depan, Pertamina telah menjanjikan untuk masyarakat sekitar yang lokasi nya dekat dengan keberadaan East Pondok Aren (EPN-001) akan diberikan modal usaha, pelatihan, pengembangan dari Corporate Social Respobility (CSR) dan penyerapan tenaga kerja lokal.
 

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut