get app
inews
Aa Read Next : Sahroni Dukung Atase Kepolisian Lindungi Pekerja Migran Indonesia

BP2MI Bangga Lampaui Target Penempatan dan Perlindungan PMI pada 2023

Jum'at, 29 Desember 2023 | 20:40 WIB
header img
Seperti tahun-tahun sebelumnya, Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menggelar Refleksi Akhir Tahun pada tanggal 29 Desember 2023. Foto: ist

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Seperti tahun-tahun sebelumnya, Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menggelar Refleksi Akhir Tahun pada tanggal 29 Desember 2023.  Kepala BP2MI Benny Rhamdani pun menyampaikan keberhasilan pihaknya  di tahun 2023.

Benny mengatakan bahwa pelaksanaan Refleksi Akhir Tahun ini bukan sekadar seremonial atau gaya-gayaan, melainkan wujud dari pertanggungjawaban publik. BP2MI perlu melaporkan secara transparan segala pembiayaan negara untuk program-programnya.

“Atas kerja kolektif, di tahun 2023 kita berhasil melewati target dari program atau capaian yang ditetapkan sebelumnya,” ujar Benny.

Benny menyampaikan bahwa buah dari kerja keras BP2MI di tahun 2023 membawa keceriaan dan kebanggaan tersendiri, terutama untuk penempatan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI).

“Dari aspek penempatan PMI kita telah melampaui target. Begitu pula dalam hal pencegahan, BP2MI sangat akseleratif dalam kerja-kerja pencegahan. Kita membentuk Satgas Sikat Sindikat, Kawan PMI, dan juga Perwira PMI. Inilah upaya negara untuk membela PMI sebagai warga VVIP,” kata Benny tegas.

Menurut Benny, sepanjang tahun 2023, BP2MI terus berupaya melakukan penempatan dan perlindungan bagi PMI secara legal. BP2MI juga memerangi praktek sindikat dari hulu hingga hilir.

“Kegiatan penempatan dilakukan melalui skema G to G ke Korea Selatan, Jepang, dan Jerman, Private to Private, Mandiri, maupun UKPS semuanya berjalan dengan baik dan transparan. Untuk semua skema di tahun 2023, BP2MI telah melakukan penempatan sebanyak 273.747 PMI,” tutur Benny.

Jumlah tersebut melampaui jumlah penempatan di tahun 2022 sebanyak 200.761 orang, dan melampaui target penempatan yang dicanangkan untuk tahun 2023 sebanyak 250.000.

Khusus untuk pelaksanaan penempatan G to G di tahun 2023 terdapat progres yang luar biasa. BP2MI berhasil melakukan penempatan PMI sebanyak 11.967 orang. Dengan ditambah pelepasan 225 orang pada tanggal 25 Desember 2023, maka total jumlah pelepasan PMI adalah 12.240 orang untuk tahun 2023.

Benny menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk melindungi PMI secara holistik. Benny berharap pihak-pihak terkait terus berkolaborasi dengan BP2MI dalam kerja kemanusiaan di tahun-tahun mendatang.

“Kami mengapresiasi dukungan seluruh pihak dalam mengimplementasikan program BP2MI, melakukan Penempatan dan Pelindungan bagi Pekerja Migran dan Keluarganya. BP2MI tidak dapat bekerja sendiri, perlu berkolaborasi dengan seluruh pihak, dalam mewujudkan Pelindungan bagi PMI dari ujung rambut sampai ujung kaki, sesuai amanat yang diberikan Presiden Republik Indonesia kepada saya selaku Kepala BP2MI,” tutup Benny.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut