get app
inews
Aa Read Next : Razia di Lapas Cikarang, Petugas Temukan Senjata Tajam hingga Korek Gas

Akibat Curah Hujan Tinggi, Jalan Sukamukti-Bojongmangu Bekasi Ambles

Jum'at, 05 Januari 2024 | 22:38 WIB
header img

BEKASI, iNews.id- Ruas jalan Sukamukti-Bojongmangu perbatasan Sukabungah,  Kabupaten Bekasi ambles pada Jumat (4/1/2024). Jalan tersebut ambles akibat curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir ini.

"Bencana jalan amblas akibat curah hujan tinggi kemarin," ungkap Plt Camat Bojongmangu Sapto Noviantoro, Jumat (5/1/2024).

Sapto mengatakan, pihaknya sudah berkordinasi dengan beberapa dinas terkait agar segera mengambil langkah untuk memperbaiki jalan amblas tersebut.

"Kami sudah berkoordinasi dengan BPBD dan hari ini mungkin ditindaklanjuti, oleh DSDABMBK (Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga Bina Kontruksi) Kabupaten Bekasi, menunggu informasi dan untuk penanganan secara darurat, langkah yang sudah kami lakukan berkoordinasi dengan warga, pihak desa dan pengembang Deltamas,” katanya.

Untuk sementara, lanjut Sapto, jalan yang kena longsor atau amblas tidak bisa dilewati kendaraan. Bagi warga yang hendak melewati jalan bisa menggunakan jalan alternatif seperti melalui jalur kawasan.

"Ya kami mengimbau kepada warga yang hendak melawati jalur atau jalan tersebut, bisa menggunakan jalur alternatif lewat jalur kawasan GIIC," ujarnya.

Sapto juga mengimbau, kepada warga agar waspada dalam menghadapi musim penghujan kali ini. Selain itu juga bisa sama-sama memantau titik- titik mana saja yang rawan longsor atau pun banjir.

"Ini bukan pertama kali kejadian longsor di wilayah Bojongmangu, karena konstruksi tanah di Kecamatan Bojongmangu hampir rata rawan longsor, karena berada di ketinggian. Namun ini menjadi catatan, kepada kita dan untuk semua agar selalu memperhatikan baik risiko atau ancaman dampak yang mungkin ditimbulkan,” jelasnya.

Sapto menambahkan, ke depannya akan mengajukan usulan ke dinas terkait agar membuat turap guna menahan pergeseran tanah di wilayah yang rawan bencana longsor.

"Ya, kami juga mengimbau kepada warga yang tinggal di dataran yang lebih tinggi di wilayah Kecamatan Bojongmangu, agar tetap berhati-hati dan tetap waspada, siap siaga dalam mengantisipasi bencana longsor," ucapnya.

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut