get app
inews
Aa Read Next : Lapas Cikarang Bagikan 300 Takjil-Menu Buka Puasa untuk Pengguna Jalan

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia Vs Irak di Piala Asia 2023

Minggu, 14 Januari 2024 | 13:18 WIB
header img
Tim Garuda menyiapkan kejutan untuk bisa menjawab semua keraguan. Foto/PSSI

BEKASI, iNews.id- Prediksi susunan pemain Timnas Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023 menarik dibahas. Tim Garuda menyiapkan kejutan untuk bisa menjawab semua keraguan.  Ini akan menjadi kampanye pembuka Indonesia di Piala Asia 2023. 

Duel itu akan berlangsung di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024) besok malam pukul 21.30 WIB.  Baca Juga Alhamdulillah, Asnawi Pulih dari Cedera, Siap Bela Timnas Indonesia Vs Irak Keraguan menghantui Timnas Indonesia karena tak pernah menang dalam lima laga terakhir. 

Dalam dua laga putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Tim Garuda dibantai 1-5 di markas Irak, dan imbang 1-1 di Filipina.  Kemudian, pada tiga uji coba, Indonesia dua kali kalah dari Libya 0-4 dan 1-2 serta kembali dibantai Iran 0-5. 

Gelandang Timnas Indonesia Marselino Ferdinan (kiri) tak berkutik saat meladeni Iran pada uji coba jelang Piala Asia 2023 di Al Rayyan Training Site, Al Rayyan, Qatar, Selasa (9/1/2024) malam. 

Meski begitu, Timnas Indonesia diharapkan menjawab keraguan itu. Pelatih Shin Tae-yong (STY) yang penuh kejutan diharapkan kembali mengeluarkan sentuhan saktinya.  

Saat melawan Irak pada kualifikasi Piala Dunia 2026 16 November lalu, STY memainkan pola 5-3-2 dan itu tak berjalan baik. Kemungkinan, pada laga nanti, pelatih asal Korea Selatan itu mengubahnya dengan pola 5-4-1 yang bisa bertranformasi menjadi 3-4-3 saat menyerang. 

Skema ini sudah dijajalnya dalam dua laga uji coba terakhir kontra Libya dan Iran.  

Di bawah mistar, STY sepertinya akan kembali memberikan kepercayaan kepada Ernando Ari. Untuk melapisnya, trio Rizky Ridho, Jordi Amat dan Elkan Baggott bakal kembali dimainkan sebagai trio bek tengah.  

Asnawi Mangkualam yang sudah pulih dari cedera bisa dimainkan kembali sebagai wingback kanan. Di wingback kiri, pilihannya jatuh kepada Pratama Arhan, karena Shayne Pattynama belum kembali dari menjenguk ibunya yang sakit di Belanda.  

Di tengah, duet Justin Hubner dan Ivar Jenner bisa kembali diandalkan untuk menjaga keseimbangan. Mereka juga ditugaskan untuk menjadi jangkar lini belakang, tengah dan depan.  

Di sayap, STY perlu memainkan Yakob Sayuri untuk melapis Asnawi saat bertahan. Kecepatan pemain PSM Makassar itu juga akan bermanfaat untuk melancarkan serangan balik.  

Sementara di sayap kiri, sepertinya STY kembali akan memainkan Marselino Ferdinan. Dia diharapkan bisa menghidupkan variasi serangan Tim Garuda.  

Di depan, STY tampaknya akan percaya kepada Rafael Struick. Kecepatan dan pergerakannya akan dimaksimalkan untuk merancang serangan balik.   

Dengan pola ini, Indonesia diharapkan bisa meraih poin di pertandingan ini. Poin akan sangat dibutuhkan Tim Garuda untuk bisa bersaing di Grup D yang diisi Irak, Vietnam dan Jepang.  

Perkiraan Susunan Pemain Timnas Indonesia Vs Irak FORMASI: 5-4-1 Ernando Ari; Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Justin Hubner, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan; Rafael Struick Pelatih: Shin Tae-yong

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut