get app
inews
Aa Read Next : Lapas Cikarang Bagikan 300 Takjil-Menu Buka Puasa untuk Pengguna Jalan

Awali 2024, PLN Bekasi Genjot Upaya Peningkatan Keandalan Listrik

Minggu, 14 Januari 2024 | 14:00 WIB
header img
PLN UP3 Bekasi mengoperasikan delapan penyulang listrik baru sepanjang 166 Kilo Meter Sirkuit (KMS). FOTO/Istimewa

BEKASI, iNews.id- Mengawali tahun 2024, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi melakukan percepatan peningkatan keandalan pasokan listrik kepada pelanggan. Salah satunya pengoperasian delapan penyulang listrik baru sepanjang 166 Kilo Meter Sirkuit (KMS).

Manager PLN UP3 Bekasi Redi Zusanto mengatakan, pengoperasian delapan penyulang listrik baru sepanjang 166 KMS ini dilakukan di wilayah kerja Unit Layanan Pelanggan (ULP) Babelan dan Mustikajaya. Selain itu juga dilakukan pemasangan titik manuver jaringan listrik dari 226 menjadi 256 buah. 

"Kita juga melakukan perbaikan beban gardu penyulang diatas 200 Volt Ampere (VA) sebanyak 28 penyulang dan pembangunan gardu induk baru Muara Tawar dengan kapasitas 60 MVA," kata Redi dalam siaran tertulis yang diterima bekasi.inews.id pada Minggu (14/1/2024).

Menurut Redi, upaya perbaikan dan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan tersebut mampu meningkatkan layanan listrik kepada pelanggan karena dapat meningkatkan kualitas kecepatan recovery dalam perbaikan jaringan yang lebih optimal. 

"Perbaikan susut pada jaringan kelistrikan dan juga dapat menjadi pendukung perekonomian di wilayah sekitar," ujarnya.

Selain itu, Redi menuturkan, dengan melakukan manajemen pemeliharaan terencana, maksimal durasi 3 jam per event dan penambahan system scada atau remote pada jaringan listrik di 20 kV harapannya dapat mempercepat proses pemulihan interupsi kelistrikan yang dirasakan pelanggan setidaknya lebih cepat lagi 50 persen dari tahun 2023.

Redi melanjutkan, sebagai pelayan masyarakat dalam bidang kelistrikan PLN Bekasi akan terus melakukan berbagai improvement agar pelanggan merasakan peningkatkan kualitas kepuasan layanan. 

"Beberapa proses perbaikan dalam memperpendek durasi padam yang dirasakan pelanggan pada tahun 2023 terdapat penurunan durasi sebanyak 40 persen. Dari 286 menit per pelanggan, saat ini menjadi 174,5 menit per pelanggan," tuturnya.

General Manager PLN UID Jawa Barat Susiana Mutia menambahkan, memasuki musim hujan dan cuaca ekstrem saat ini, penting bagi PLN untuk terus melakukan pengecekan dan perbaikan secara berkala untuk kehandalan kelistrikan ke pelanggan.

Dia juga menyampaikan jika masyarakat mengalami gangguan kelistrikan atau ingin mendapatkan informasi layanan PLN dapat mengaksesnya melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat didownload di PlayStore dan AppStore.

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut