get app
inews
Aa Read Next : Jurnalis Jakarta Utara Bagikan 250 Paket Daging Kurban kepada Warga Sekitar Ancol

Muhammadiyah: 1 Ramadhan 1445 Hijriah Bertepatan 11 Maret, Bukan untuk Mendahului Pihak Manapun Juga

Selasa, 23 Januari 2024 | 18:59 WIB
header img
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiya, Haedar Nashir. Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan awal 1 Ramadhan 1445 Hijriah bertepatan  tanggal 11 Maret 2024 (Foto: SINDOnews/Dok)

YOGYAKARTA, iNewsBekasi - Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan awal 1 Ramadhan 1445 Hijriah bertepatan  tanggal 11 Maret 2024, sedangkan Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijrah bertepatan dengan  pada tanggal 10 April 2024.

Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Haedar Natsir menjelaskan pengumuman penetapan 1 Rhamadan tersebut sama sekali bukan untuk mendahului pihak manapun juga. Justru hal itu disampaikan sebagai panduan bagi umat Islam khususnya warga Muhammadiyah. 

"Hal ini wajar saja dan sudah biasa terjadi setiap tahun. Kami menggunakan penggunaan metode hisab hakiki hilal menjadi dasar pengumuman ini. Hal ini juga perlu disampaikan untuk menghindari diskusi atau polemik yang berkepanjangan," sebutnya.

Haedar menambahkan bahwa meskipun mungkin terdapat perbedaan dalam penentuan awal Ramadan, awal puasa, dan mungkin kesamaan Idul Fitri dan Idul Adha, perbedaan ini seharusnya sudah menjadi hal yang biasa. Ia menghimbau agar perbedaan ini dapat memperkuat umat Islam dalam beribadah.

Di bagian lain, selain penetapan 1 Rhamadan, Muhammadiyah juga mengumumkan Hari Raya Idul Adha pada 10 Dzulhijjah 1445 Hijriah bertepatan dengan tanggal 17 Juni 2024. 

Penetapan ini didasarkan pada hasil hisab hakiki wujudul hilal yang diikuti oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut